ILmu Kesehatan

Monday 9 May 2016

RPP SD KELAS 3 K13 TEMA 1 SUB TEMA 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SDN 1 Makarti Mulya
Kelas / Semester          :  3 /1
Tema                           :  Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan (Tema 1)
Sub Tema                    :  Kegiatan Berbasis Proyek  (Mengamati Daur Hidup Lalat)
Pembelajaran ke          : 
Alokasi waktu             : 

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI YANG DINILAI

No
Kompetensi
Keterangan
1
Pengetahuan   
Mengenal Daur Hidup Lalat.
2
Keterampilan
Membuat laporan Pelaksaaan kerja sesuai prosedur pengamatan daur hidup lalat
3
Sikap
Kerja sama, teliti, dan bersih

C.    DISKRIPSI  KEGIATAN
Siswa akan melakukan praktek pengamatan gambar daur hidup lalat kemudian melakukan langkah-langkah percobaan kemudian siswa mampu membuat laporan hasil percobaan.

D.     TUJUAN
  1. Dengan mengamati prosedur kerja, siswa dapat mempraktikkan tahapan penga-matan daur hidup lalat dengan teliti.
  2. Dengan mengamati gambar daur hidup lalat, siswa dapat membuat dugaan hasil percobaan dengan benar.
  3. Dengan melakukan kerja kelompok, siswa dapat mempraktikkan sikap kerja sama yang baik.
  4. Dengan melakukan kerja kelompok, siswa dapat mempraktikkan sikap teliti dalam melakukan percobaan.
  5. Dengan melakukan kerja kelompok, siswa dapat mempraktikkan sikap menjaga kebersihan saat melakukan percobaan dengan benar.

E.     MATERI
Mengamati Daur Hidup Lalat

F.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, diskusi dan presentasi

G.    KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
10 menit
Inti
A.     Mengamati
  1. Siswa mengamati gambar daur hidup lalat.
  2. Siswa berdiskusi tentang tahapan daur hidup lalat dan penyakit yang disebabkan lalat.
  3. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tahapan percobaan untuk mengamati daur hidup lalat.
  4. Sebelum melakukan percobaan, siswa menjawab pertanyaan guru tentang prosedur kerja yang sudah dijelaskan.. 

B.     Melakukan/mencoba.
  1. Siswa mengikuti langkah-langkah percobaan seperti berikut:
  2. Bentuk kelompok yang terdiri dari 5 orang siswa.
  3. Siapkan dua gelas plastik transparan, misalnya bekas kemasan air mineral, satu buah pisang, tisu kertas agak tebal dengan pori-pori besar atau kain yang memiliki lubang untuk keluar masuk udara.
  4. Siapkan dua potong pisang dengan ukuran sedang
  5. Masukkan satu potong pisang ke dalam setiap gelas pertama yang sudah disiapkan, langsung ditutup dengan kertas tisu tebal atau kain tipis, lalu ikat dengan karet sehingga gelas tertutup rapat
  6. Biarkan terlebih dahulu potongan pisang di gelas kedua dalam kondisi terbuka selama kurang lebih satu jam. Tunggu sampai potongan pisang tersebut dikerubuti dan dihinggapi lalat
  7. Tutup  gelas kedua dengan kertas tissue atau kain, seperti  yang dilakukan pada gelas pertama.
  8. Biarkan kedua gelas ini dalam waktu satu minggu.
  9. Catat perubahan yang terjadi di setiap harinya.

C.     Ayo menulis
  1. Siswa membuat dugaan sementara tentang percobaan ini.
  2. Siswa mendiskusikan bersama kelompokmu, apa yang akan terjadi pada kedua gelas plastik tersebut dalam waktu satu minggu?
  3. Siswa mengisi lembar pengamatan kegiatan percobaan seperti berikut ini.


150 menit
Penutup
1.      Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.      Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
4.      Salam dan do’a penutup.
15 menit

H.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 3 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2014).
  2. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 3 semester 1 dari JGC
  3. Satu buah pisang.
  4. Dua buah gelas plastik transparan bekas minuman.
  5. Kertas tisu tebal dengan pori-pori agak besar.
  6. Karet atau tali untuk mengikat.

I.       PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubrik penilaian hasil karya atau menyesuaikan dengan guru.

a)      Penilaian uji unjuk kerja menyajikan kegiatan berbasis proyek :
1.  Sikap
  Menunjukkan sikap bekerjasama yang baik dengan teman kelompok.
  Menunjukkan sikap teliti dalam melakukan percobaan.
  Menunjukkan sikap menjaga kebersihan selama melakukan percobaan.
2.  Pengetahuan
Kemampuan menjelaskan daur hidup lalat dan prosedur percobaan saat tanya jawab.
3.  Keterampilan
Rubrik pengamatan unjuk kerja.


b)      Rubrik unjuk kerja:

No
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
1
Pengetahuan

Keseluruhan Pengetahuan dikuasai    lengkap dan benar
Sebagian Besar  Pengetahuan dikuasai    lengkap dan benar
Setengah Pengetahuan dikuasai  lengkap dan benar
Sebagian kecil  Pengetahuan yang dikuasai  lengkap dan benar
4
Keterampilan
Hasil laporan kegiatan sangat bagus
Hasil laporan kegiatan bagus
Hasil laporan kegiatan cukup bagus
Hasil laporan kegiatan tidak bagus
3
Sikap
Keseluruhan kegiatan dilakuakan dengan kerjasama, teliti dan menjaga kebersihan
Sebagian besar kegiatan dilakuakan dengan kerjasama, teliti dan menjaga kebersihan
Setengah kegiatan dilakuakan dengan kerjasama, teliti dan menjaga kebersihan
Sebagian kecil kegiatan dilakukan dengan kerjasama, teliti dan menjaga kebersihan

Catatan : Centang (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.
Penilaian : (Total nilai/12)x10


Penilaian Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial        :………….


Mengetahui
Kepala Sekolah,




NARWANTO, S.Pd
NIP. 1969110891992081001
Makarti Mulya, ............................
Guru Kelas 3 ,




Drs. RASTUN
NIP. 196509111992081001

No comments:

Post a Comment