ILmu Kesehatan

Wednesday 11 May 2016

RPP KELAS 2 K13 TEMA 1 SUB TEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SDN 1 MAKARTI MULYA
Kelas / Semester          :  2 /1
Tema                           :  Hidup Rukun (Tema 1)
Sub Tema                    :  Hidup Rukun di Rumah (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : PPKn
No
Kompetensi
Indikator
3.3 
Memahami makna
keberagaman karakteristik
individu di rumah dan di
sekolah.
1.      Menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
4.3 
Berinteraksi dengan
beragam teman di
lingkungan rumah dan
sekolah.
1.      Menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin.

Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.5

Mengenal bilangan asli
sampai 500 dengan
menggunakan blok dienes
(kubus satuan).
1.      Membilang sampai 500 dengan menggunakan blok dienes (kubus satuan).
2.      Menyebutkan banyak benda dengan menggunakan kubus satuan blok dienes (kubus satuan).
4.1 
Memprediksi pola-pola
bilangan sederhana
menggunakan bilangan-
bilangan yang kurang dari
100

1.      Menentukan  pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100.
2.       Membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bilangan kurang 100

Muatan : SBDP
No
Kompetensi
Indikator
3.2 



Mengenal pola irama lagu
bertanda birama tiga, pola
bervariasi dan pola irama
rata dengan alat musik
ritmis.
1.      Mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis.
4.8 
Memainkan pola irama
bervariasi lagu bertanda
birama tiga.
1.      Memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga.

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.3 







Mengenal teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan dokumen
milik keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
1.      Menentukan karakter setiap individu di rumah.
2.      Membedakan setiap invidu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki.
3.5 
Mengenal teks permintaan maaf tentang sikap hidup rukun dalam kemajemukan
keluarga dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat
diisi kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
1.      Mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan  tidak rukun dalam kemajemukan keluarga
4.3 
Mengungkapkan teks buku harian tentang kegiatan anggota keluarga dan
dokumen milik keluarga secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian.
1.      Menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat.
4.5 
Menggunakan teks permintaan maaf  tentang sikap hidup rukun daam kemajemukan keluarga dan teman secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
1.      Membaca  teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup rukun dalam kemajemukan keluarga.

C.    TUJUAN
  1. Dengan menyanyikan lagu “Ruri Abangku”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai pola irama lagu dengan menggunakan alat musik ritmis secara teliti.
  2. Dengan menggunakan alat musik ritmis, siswa dapat memainkan pola irama bervariasi lagu bertanda birama tiga dengan percaya diri.
  3. Dengan menjawab pertanyaan tentang sebutan kakak laki-laki dan perempuan, siswa dapat menentukan karakter setiap individu di rumah dengan teliti.
  4. Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat membedakan setiap individu di rumah berdasarkan karakter yang dimiliki dengan teliti.
  5. Dengan teks buku harian Udin, siswa dapat membaca teks permintaan maaf untuk menjaga sikap hidup dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
  6. Dengan menjawab pertanyaan dari teks permintaan maaf, siswa dapat mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga dengan teliti.
  7. Dengan bimbingan guru, siswa dapat memperagakan contoh ucapan permohonan maaf dengan santun dan percaya diri.
  8. Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat membilang sampai 500 dengan teliti.
  9. Dengan menggunakan kubus satuan, siswa dapat menyebutkan banyak benda dengan teliti.
  10. Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat menentukan pola-pola bilangan sederhana menggunakan bilangan kurang dari 100 dengan teliti.
  11. Dengan mengamati deret bilangan, siswa dapat membuat pola-pola bilangan sederhana dengan menggunakan bi-langan kurang 100 dengan teliti.
  12. Dengan mengamati contoh teks buku harian Udin dan bimbingan guru, siswa dapat menulis teks buku harian tentang kegiatan keluarga dengan EYD yang tepat secara teliti.
  13. Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin dengan percaya diri.
  14. Dengan kegiatan menulis teks buku harian, siswa dapat menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin dengan bahasa yang santun dan percaya diri.

D.    MATERI
  1. Teks lagu “Ruri Abangku”.
  2. Contoh teks buku harian Udin.
  3. Gambar operasi hitung menggunakan kubus satuan.
  4.  Gambar beberapa rak buku yang berkaitan dengan barisan -bilangan  +1

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
Þ     Kegitan pwndahuluan:
1.      Menuliskan pertanyaan beserta jawaban berdasarkan gambar pada buku siswa.

2.      Guru memperkenalkan alat musik ritmis kepada siswa (mengamati).
A.     Alat musik ritmis adalah alat musik tak bernada. Alat musik ritmis digunakan untuk keteraturan irama lagu.
A.     Cara memainkan alat musik ritmis dengan dipukul, baik dipukul dengan tangan maupun dengan alat, atau dikocok. Contoh alat musik ritmis di antaranya: rebana, drum, talempong, gendang, tamborin, marakas, dan lain sebagainya.
A.     Pola irama yaitu panjang pendeknya bunyi. Panjang pendeknya bunyi dapat dihitung berdasarkan ketukan. Ketukan merupakan bunyi yang teratur yang dapat diibaratkan seperti bunyi detak jarum jam.
A.     Pola irama berjalan menurut birama. Birama yaitu kuat lemahnya bunnyi dalam lagu. Kuat lemahnya bunyi dibatasi garis yang disebut garis birama. Birama ditandai dengan tanda birama. Contoh tanda birama yaitu 4/4.

Þ    Ayo Bernyanyi:
  • Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” secara bersama-sama dengan percaya diri (mencoba).
  • Siswa memperhatikan guru menyanyikan lagu “Ruri Abang-ku” sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis (mengamati).
  • Siswa dibimbing memainkan alat musik ritmis (mengamati).
  • Siswa menyanyikan lagu “Ruri Abangku” dengan memainkan alat musik ritimis (mencoba).
  • Siswa diajak menyanyikan lagu lain yang mempunyai birama 2/4 (mencoba).
  • Siswa mengidentifikasi pola irama pada lagu yang dinyanyikan tersebut menggunakan alat musik ritmis (menalar).
  • Siswa memainkan pola irama pada lagu berbirama 2/4 menggunakan alat musik ritmis (mencoba).
  • Siswa membedakan pola irama pada lagu “Ruri Abangku” dengan lagu lain berbirama 2/4 yang telah dinyanyikan tersebut (menalar).
  • Siswa  membaca nyaring syair lagu (mengamati).
  • Siswa menjawab pertanyaan yang ada di buku siswa (menalar).
  • Siswa dan guru melakukan tanya jawab sebutan kakak laki-laki dan perempuan di daerah setempat (menanya).
  • Siswa menyebutkan sebutan kakak laki-laki dan perempuan yang ada dalam keluarganya (mengomunikasikan).
  • Siswa membaca teks buku harian Udin (mengamati).
  • Siswa menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin (menalar).
  • Siswa mengidentifikasi contoh sikap hidup rukun dan tidak rukun dalam kemajemukan keluarga (menalar).
  • Siswa membaca contoh ucapan permohonan maaf yang ada pada buku siswa (mengamati).
  • Siswa dan guru melakukan tanya jawab tentang ucapan permohonan maaf yang santun (menanya).
  • Guru menjelaskan kalimat permohonan maaf yang santun kepada siswa, kemudian siswa dibimbing memperagakan ucapan permohonan maaf (mengamati).
  • Siswa memperagakan ucapan permohonan maaf di depan kelas (mencoba).

Þ    Ayo mencoba.
  • Siswa diajak mengamati rak buku yang ada di dalam kelas atau perpustakaan sekolah (mengamati).
  • Siswa menghitung jumlah buku pada rak yang diamati (menalar).
  • Siswa mengamati gambar susunan buku yang ada pada buku siswa (mengamati).
  • Siswa mengamati gambar cara menghitung jumlah buku dengan menggunakan sistem blok dienes (mengamati).
  • Siswa bertanya tentang gambar yang telah diamati (menanya).
  • Siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan pengamatan (mengomunikasikan)
A.    Ayo mengamati
  • Siswa membilang banyak benda berdasarkan gambar kubus satuan pada buku siswa (menalar).
  • Dari kegiatan membilang yang telah dilakukan, siswa menyebutkan banyak benda berdasarkan gambar yang diamati (mengomunikasikan).
Þ    Ayo berlatih
  • Siswa membuat kalimat dengan menggunakan salah satu lambang bilangan dari lima bilangan pada kegiatan membilang yang telah dilakukan sebelumnya (menalar).
  • Siswa menyalin kalimat yang telah dibuat dalam huruf tegak bersambung (mencoba).
  • Siswa mengamati gambar tumpukan buku pada beberapa rak (mengamati).
  • Siswa membandingkan banyak buku yang ada pada masing-masing rak (menalar).
  • Siswa mengamati sebuah barisan bilangan yang ada pada buku siswa (mengamati).
  • Siswa menyebutkan pola bilangan pada barisan bilangan yang diamati (mengomunikasikan).
Þ    Ayo Menulis
  • Siswa melengkapi barisan bilangan berpola +1 (menalar).
  • Siswa menulis teks buku harian tentang kegiatan bersama anggota keluarga dengan menggunakan EYD yang tepat (mencoba).
  • Siswa menyebutkan keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin pada teks buku harian yang ditulis (mencoba).
  • Siswa menceritakan kebersamaan dengan anggota keluarga yang berbeda jenis kelamin pada teks buku harian yang ditulis (mengomunikasikan).
Þ    Pengayaan
  • Siswa menyanyikan kembali lagu Ruri Abangku sesuai ketukan dengan menggunakan alat musik ritmis.
  • Guru menugaskan siswa menulis contoh kalimat permohonan maaf.
  • Siswa diminta menceritakan kembali keberagaman anggota keluarga berdasarkan jenis kelamin.
  • Siswa diberikan latihan tentang membilang dengan menggunakan kubus satuan .
150 menit

Penutup
1.      Siswa mapu mengemukan hasil belajar hari ini
2.      Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
3.      Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya..
Þ    Remedial
·         Bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam memainkan alat musik ritmis diberikan bimbingan, bimbingan dapat diberikan di luar jam pelajaran.
·         Bagi siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis kalimat permohonan maaf diberikan bimbingan berupa latihan dan contoh-contoh kalimat permohonan maaf yang lebih beragam.
·         Bagi siswa yang kesulitan dalam menulis teks buku harian tentang kebersamaan dengan anggota keluarga diberikan bimbingan secara berkala.
·         Bagi siswa yang kesulitan dalam membilang dengan menggunakan kubus satuan diberikan latihan tambahan
4.      Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 2 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 2 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chatib.
·         Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 2 semester 1 dari JGC
·         Video/slide/gambar tentang Hidup rukun.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

a)      Penilaian sikap karanter bangsa yang ditanamkan (Percaya diri, teliti, Santun).

NO
SIKAP
KRITERIA
Keterangan
Belum Terlihat
Mulai terlihat
Mulai Berkembang
Membudaya
1
Percaya Diri





2
Teliti





3
Santun






b)      Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a. Menjawab pertanyaan dari teks buku harian Udin
Jumlah Soal: 4 buah
Skor maksimal: 100
Skor setiap jawaban: 25
Kunci jawaban :
1. Udin meminta maaf karena menyobek buku kakak.
2. Karena tidak sengaja membuat buku kakak sobek.
3.  Iya, kakak memaafkan Udin.
4. Udin akan sedih, mereka bisa bertengkar.
5. Peragaan ucapan permohonan maaf (penilaian pada aspek keterampilan).
b. Membilang dengan menggunakan balok dienes atau kubus satuan
Jumlah soal : 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor  setiap jawaban : 20
Kunci jawaban :
Jawaban disesuaikan dengan pendapat siswa.
 c. Melengkapi barisan bilangan +1
Jumlah soal : 5 buah
Skor maksimal: 100
Skor  setiap jawaban : 20
Kunci jawaban :
1.  38, 39, 40, 41, 42
2.  40, 41, 42, 43, 44
3.  44, 45, 46, 47, 48
4.  44, 45, 46, 47, 48
5.  45, 46, 47, 48, 49

c)      Keterampilan
a. Penilaian: unjuk kerja Rubrik menyanyi dengan memainkan alat musik ritmis

No
Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Berlatih Lagi
4
3
2
1
1
Penguasaan Lagu
Konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa   bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat tanpa bimbingan guru.
Terkadang kurang konsisten menyanyi dengan nada yang tepat walaupun telah dibimbing guru
Menyanyi dengan nada yang tidak tepat walaupun telah dibimbing guru
2
Kemampuan memainkan alat musik ritmis
Mampu mengembangkan ritmis dari pola yang disajikan.
Hanya mampu memainkan ritmis dari pola yang disaji-kan, tapi tidak mampu untukmengembangkan.
Mengalami kesulitan dalam meniru ritmis yang disajikan..
Tidak mampu sama sekali meniru ritmis yang disajikan.

Catatan : Centang (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Penilaian : (Total nilai/8)x10

Contoh :
= (( 3+2)/8)X10
=  (5/8)X10
= 6,25

b. Penilaian: unjuk kerja memperagakan ucapan permohonan maaf

No
Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Berlatih Lagi
4
3
2
1
1
Ekpresi
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog secara konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
Mimik wajah dan gerak tubuh tidak sesuai dengan dialog.
Monoton, tanpa ekspresi.
2
Lafal
Dialog dilafalkan dengan tepat dan jelas.
Ada 1-2 kata yang kurang tepat pelafalannya.
Lebih dari 2 kata belum tepat pelafalannya.
Hampir semua kata belum tepat pelafalannya.
3
Intonasi
Intonasi sesuai dengan dialog secara konsisten.
Intonasi sesuai dengan dialog namun kurang konsisten.
Intonasi tidak sesuai dengan dialog
Tanpa intonasi.
4
Volume Suara
Volume suara keras dan jelas.
Volume suara jelas.
Volume suara kurang jelas.
Suara sangat pelan dan tidak jelas

Catatan : Centang (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Penilaian : (Total nilai/16)x10

Contoh :
= (( 3+2+4+4)/16)X10
=  (13/16)X10
= 8,125
              

c. Penilaian: unjuk kerja menulis teks buku harian

No
Kriteria
Bagus Sekali
Bagus
Cukup
Berlatih Lagi
4
3
2
1
1
Penggunaan huruf besar, dan tanda baca.
Menggunakan
huruf besar di
awal kalimat
dan nama
orang, serta
menggunakan
tanda titik di
akhir kalimat.
Terdapat 1-2
kesalahan
dalam
penggunaan
huruf besar
dan tanda
titik.
Terdapat
lebih dari 2
kesalahan
dalam
penggunaan
huruf besar
dan tanda
titik.
Tidak satu pun
kalimat yang
menggunakan
huruf besar
dan tanda titik.
2
Kesesuaian isi teks yang ditulis dengan tema buku harian.
Seluruh isi teks
yang ditulis
sesuai judul
atau tema.
Setengah atau
lebih isi teks
sesuai judul
atau tema.
Kurang dari
setengah isi
teks sesuai
judul atau
tema.
Semua isi teks
belum sesuai.
3
Penulisan
Penulisan kata
sudah tepat.
Terdapat 1-2
kata yang
belum tepat
penulisannya.
Terdapat
lebih dari 2
kata yang
belum tepat
penulisannya.
Semua
kata belum
tepat dalam
penulisan
4
Penggunaan kalimat yang efektif.
Semua kalimat 
menggunakan
kalimat yang
efektif.
Terdapat
1-2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif.
Terdapat lebih
dari 2 kalimat
menggunakan
kalimat yang
kurang efektif..
Semua kalimat
menggunakan
kalimat yang
belum efektif.

Catatan : Centang (v) pada bagian yang memenuhi kriteria.

Penilaian : (Total nilai/16)x10

Contoh :
= (( 3+2+4+4)/16)X10
=  (13/16)X10
= 8,125
              

Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial        :………….


Mengetahui,
Kepala SDN 1 Makarti Mulya




NARWANTO, S.Pd
NIP. 196911081992081001


Makarti Mulya ,                        2015
Guru Kelas




SUTARJO, A.Ma.Pd
NIP. 196208071982021003


No comments:

Post a Comment