ILmu Kesehatan

Wednesday 11 May 2016

RPP PAI KELAS 5 Makna Surat At- Tiin


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    ................................
Mata Pelajaran                   :    Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Pelajaran                             :   1
Tema                                   :   Mari Belajar Al-qur’an Surah At-Tiin
Subtema                              :   Makna Surah At-Tiin
Kelas/Semester                   :    V/1
AlokasiWaktu                     :    4 x 35 Menit



A.    Kompetensi Inti (KI)
KI-1 Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati, menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar (KD)
1.1    Terbiasa membaca al-Qur’an dengan tartil.
2.4    Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari       pemahaman Q.S.at-Tiin.
3.3    Mengetahui makna Q.S. al-Maa’un dan Q.S.at-Tiin dengan benar.
4.1    Membaca Q.S. al-Maa’un dan Q.S.at-Tiin dengan tartil.
4.2    Menulis kalimat-kalimat dalam Q.S. al-Ma’uan dan Q.S.at-Tiin dengan baik dan  benar.
4.3    Menunjukkan hafalan Q.S. al-Maa’un dan Q.S.at-Tiin dengan baik dan benar.
4.4 Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at-Tin.

C.    Indikator PencapaianKompetensi
1.      Siswa mengetahui makna surah Q.S.at-Tiin.
2.      Siswa mampu bersikap saling mengingatkan dan mencontohkanya.

D.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:
1.      Mengetahui makna Q.S.at- Tiin dengan benar
2.      Mencontohkan perilaku saling mengingatkan dalam hal kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at- Tiin.
3.      Memiliki sikap saling mengingatkan dalam kebajikan sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.at- Tiin.

E.     Materi Pembelajaran
Q.S. al-Maa’un dan Q.S.at-Tiin

F.     Metode Pembelajaran
1. Pendekatan                         :Sientifik
2. Metode                                :
a)      Observasi
b)      Diskusi
c)      Presentasi
d)     Demontrasi

G.    Media Pembelajaran
Software PAI SD/MI dari JGC yang berisi materi Q.S. al-Maa’un dan Q.S.at-Tiin.

H.    Sumber Belajar
1.      Al-qur’an dan terjemahan
2.      Buku PAI dan Budi Pekerti SD Kelas IV
3.      Lingkungan sekitar


I.       Langkah-langkah Pembelajaran
No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Guru Membuka pembelajaran dengan membaca Basmallah dilanjutkan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh salah seorang peserta didik dengan penuh khidmat do’a mecari ilmu:
“Robbizidnii ‘ilman Warzuqnii Fahmaa”.
“Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berilah aku pengertian yang baik.
2.      Guru Memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah pendek pilihan surah Al Fatihah.
3.      Guru mengarahkan kesiapan diri peserta didik dan kehadiran peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran.
4.      Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif berkaitan dengan tema makna kandungan Q.S.at-Tiin.
5.      Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
6.      Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menyimak,menanya, berdialog, mengkomunikasikan dengan menyampaian, menanggapi dan membuat kesimpulan hasil pembelajaran


10
menit
2.
Kegiatan Inti
       Mengamati
1.    Sebelum masuk pada inti pembelajaran membaca, guru terlebih dahulu meminta agar peserta didik secara klasikal mencermati mengapa orang yang membaca al-Qur’an tergolong manusia yang beruntung dan istimewa.
2.    Peserta didik membaca Q.S.at-Tiin dan mencermati artinya(dapat juga menyajikan buah tin dan buah zaitun dikelas).
3.    Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok dengan kemampuan yang beragam.

       Menanya
1.    Melalui motivasi dari guru, peserta didik  menanya arti bacaan surah at-Tiin.
2.    Peserta didik mengajukan pertanyaan terkait makna yang terkandung dalam surah at-Tiin.

       Mengekplorasi/menalar.
1.      Peserta didik mendiskusikan alasan mengapa dinamakan surah at-Tiin.
2.      Peserta didik mengamati gambar tentang buah tiin dan buah zaituun serta mendiskusikan keterkaitan dengan Q.S.at-Tiin.
3.      Salah satu kelompok menuliskan hasil pencermatanya dan  menyampaikan didepan kelompok lain.
4.      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan dari masing-masing kelompok.

·         Mengasosiasi/mencoba.
1.      Peserta didik secara berkelompok diberikan tugas untuk berdiskusi tentang pesan-pesan mulia yang terkandung dalam Q.S. at-Tiin.
2.      Secara bergantian masing-masing kelompok mempresentasikan hasilnya dan kelompok lainnya memperhatikan/menyimak dan memberikan tanggapan.
3.      Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang materi tersebut.

       Komunikasi/demonstrasi/Networking
1.      Siswa dapat menyebutkan pesan-pesan mulia yang terkandung dalam surah at-Tiin bersama-sama dengan benar.
2.      Siswa menyebutkan pesan-pesan mulia yang terkandung dalam surah at-Tiin sendiri-sendiri di didepan guru.
3.      Dibantu guru peserta didik membuat kesimpulan.


120
menit
3.
    Penutup
1.      Guru melaksanakan penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta didik dari kegiatan yang telah dilaksanakan sebagai bahan masukan untuk perbaikan langkah selanjutnya;
2.      Tugas, guru meminta peserta didik memperlihatkan kolom “insya Allah aku bisa” dalam buku teks kepada orang tuanya dengan memberikan komentar dan paraf.
3.      Kegiatan ini dapat juga dilakukan dengan menggunakan buku penghubung guru dan orang tua atau komunikasi langsung dengan orang tua untuk mengamati perkembangan kemampuan peserta didik dalam pemahaman makna yang terkandung dalam  Q.S. at-Tiin di rumah.
4.      Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
5.      Membaca do’a penutupan majelis taklim  (Subhaanaka Allaahumma wabihamdika asyhadu an laa-ilaaha illaa Anta astaghfiruka wa-atuubu ilaik)

Artinya :
Maha suci Engkau ya Allah, dan dengan memuji Mu, aku bersaksi bahwa tiada Illah kecuali Engkau, aku mohon ampun dan bertaubat kepadaMu


10
Menit

J.      Penilaian Hasil Belajar
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik.Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.

Tugas Kelompok
Pada tugas ini guru dapat memberikan penilaian melalui rubrik sebagai berikut.

Rubrik Penilaian
Keterangan:
Baik         : Hasil penyampaian runtun, relevan, dan jelas.
Cukup      : Hasil penjelasan runtun, relevan, namun kurang jelas.
Kurang    : Hasil penjelasan kurang runtun, kurang relevan, dan
                  kurang jelas.

Konversi dalam Bentuk Angka
lancar       = 3 dan skor yang diperoleh 3/3 x 100 = 100
Sedang    = 2 dan skor yang diperoleh 2/3 x 100 = 67
Kurang    = 1 dan skor yang diperoleh 1/3 x 100 = 33

Catatan:
·         Guru dapat mengembangkan instrumen penilaian sesuai dengan kebutuhan.
·         Guru diharapkan memiliki catatan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran. Catatan terkait dengan sikap atau nilia-nilai karakter yang dimiliki oleh peserta didik dapat dilakukan dengan tabel berikut ini.
Kriteria dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: disiplin, jujur, sopan, santun, dll.
Keterangan:
MK      = Membudaya (apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indicator secara konsisten).
MB       = Mulai berkembang (apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten).
MT       = Mulai terlihat (apabila peserta didik sudah memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indicator namun belum konsisten).
BT        = Belum terlihat (apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator).



Mengetahui,
Kepala Sekolah





........................................................
NIP. ......................................
......................., ......................................

Guru Mata Pelajaran PAI





................................................
NIP. ........................................


No comments:

Post a Comment