ILmu Kesehatan

Monday 9 May 2016

RPP SD KELAS 3 K13 TEMA 1 SUB TEMA 1



 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      : SDN 1 Makarti Mulya
Kelas / Semester          :  3 /1
Tema                           :  Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan (Tema 1)
Sub Tema                    :  Perkembangbiakan dan Daur Hidup Hewan (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke          : 
Alokasi waktu             : 

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
  3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.2







4.2 




Menguraikan teks arahan/petunjuk tentang perawatan hewan dan tumbuhan, serta daur hidup hewan dan pengembangbiakan tanaman dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
Menerangkan dan mempraktikkan
teks arahan/petunjuk tentang
perawatan hewan dan tumbuhan
serta daur hidup hewan dan
pengembangbiakan tanaman secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
·         Mengidentifikasi isi teks tentang petunjuk cara perkembangbiakan hewan.
·         Menjelaskan cara perkembangbiakan sesuai teks yang dibaca melalui kegiatan menjawab pertanyaan.
·         Menuliskan tahapan perkembangbiakan hewan.
·         Menceritakan hasil diskusi tentang cara perkembangbiakan hewan..




Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.1 



4.2


Memahami sifat-sifat operasi hitung
bilangan asli melalui pengamatan
pola penjumlahan dan perkalian.

Merumuskan dengan kalimat sendiri,
membuat model matematika,
dan memilih strategi yang efektif
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian bilangan bulat, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, serta 
memeriksa kebenaran jawabnya.
·         Membaca dan menuliskan bilangan 1.000-10.000 secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan dan satuan)
·         Merumuskan cara membaca lambang bilangan 1.000-10.000.

Muatan :SBdP
No
Kompetensi
Indikator
3.1

4.1 


Mengenal karya seni gaya dekoratif.

Menggambar dekoratif dengan
mengolah   perpaduan garis, warna,
bentuk, dan tekstur berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar.
·         Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif.
·         Menjiplak untuk membuat pola gambar dekoratif buatan sendiri di atas media kertas.
·         Mewarnai pola gambar dekoratif buatan sendiri.

C.    TUJUAN
  1. Dengan membaca teks tentang cara perkembangbiakan hewan, siswa dapat mengidentifikasi cara perkembangbiakan hewan dengan benar.
  2. Dengan kegiatan ekplorasi alam sekitar, siswa dapat mengelompokkan cara hewan berkembang biak dengan benar.
  3. Setelah mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam, siswa dapat menuliskan tahapan perkembangbiakan dengan benar.
  4. Dengan mengamati gambar tahapan perkembangbiakan ayam, siswa dapat menuliskan perbedaan di setiap tahapan perkembangbiakan dengan benar.
  5. Dengan berdiskusi, siswa dapat mengidentifikasi perbedaan bentuk dan rupa antara induk dan anak hewan dengan benar.
  6. Dengan berlatih menentukan nilai dan tempat bilangan, siswa dapat membaca lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
  7. Dengan berlatih menentukan nilai dan tempat bilangan, siswa dapat menulis lambang bilangan 1.000 sampai dengan 10.000 dengan benar.
  8. Dengan mengamati contoh, siswa dapat merumuskan cara membaca lambang bilangan dengan benar.
  9. Dengan mengamati gambar dan penjelasan tentang gambar dekoratif, siswa dapat mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif dengan benar.
  10. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menjiplak untuk membuat pola gambar dekoratif dengan benar.
  11. Dengan mengamati contoh, siswa dapat mewarnai pola gambar dekoratif dengan rapi.                           



D.    MATERI
1.      Bacaan teks cara perkembangbiakan hewan
2.      Tahapan perkembangbiakan ayam,
3.      Menentukan nilai dan tempat bilangan
4.      mewarnai pola gambar dekoratif dengan rapi

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 :, Pengamatan, tanya jawab, diskusi, presentasi dan praktek

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak, bernyanyi lagu yang relevan, game opening dan kata-kata positif yang memotivasi.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa kesiapan siswa.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
Membaca
1.         Siswa mengamati gambar dan mengidentifikasi jenis hewan.
2.         Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan tentang pengalaman melihat hewan tersebut.
3.         Siswa membaca teks yang menjelaskan berbagai cara perkembangbiakan hewan.
4.         Hewan memiliki cara berkembang biak yang berbeda-beda. Ada hewan yang berkembang biak dengan cara melahirkan dan bertelur.
5.         Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks yang dibacanya.

Mengamati:
1.         Siswa mengamati hewan yang ada di sekitar sekolah
2.         Siswa menuliskan nama-nama hewan yang ditemui di sekitar sekolah
3.         Siswa berdiskusi untuk mengelompokkan hewan berdasarkan cara berkembang biak. Hasil diskusi dituliskan pada buku masing-masing.

Menulis:
1.         Siswa mengamati gambar tahapan perkembang-biakan ayam.
2.         Siswa berdiskusi tentang tahapan apa saja yang ada pada perkembangbiakan ayam.
3.         Siswa mengamati perubahan pada setiap tahapan.
4.         Perubahan yang diamati meliputi perubahan bentuk, warna, ukuran, pertambahan bulu ayam, dan hal lainnya yang bisa diamati.
5.         Siswa menuliskan tahapan dan ciri-ciri di setiap tahapan perkembangbiakan ayam pada tempat yang sudah disediakan.
6.         Siswa diarahkan untuk berlatih menulis dengan urutan yang tepat, menggunakan huruf besar dan tanda baca yang benar.
7.         Siswa bekerja secara berkelompok.
8.         Siswa mencari beberapa contoh induk dan anak hewan yang memiliki rupa dan bentuk yang sama juga yang berbeda.
9.         Berapa lama perbedaan itu terjadi pada tahapan perkembangan hewan.
10.     Siswa menuliskan hasil diskusi di buku masing-masing.
11.     Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi.
12.     Siswa saling memeriksa dan membandingkan hasil pendataan dari setiap kelompok.


Bertanya:
1.         Siswa membaca informasi tentang adanya perbedaan sebutan untuk induk dan anak hewan pada suatu daerah.
2.         Siswa mencari tahu tentang hal tersebut pada daerah lainnya..

Berlatih:
1.         Siswa mengenal manfaat dan pentingnya ke-beradaan hewan. Salah satu manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Untuk memenuhi kebutuhan manusia yang sangat banyak, maka perlu hewan dalam jumlah yang banyak. Sementara itu, kemampuan hewan berkembang biak sangat berbeda-beda. Untuk menghasilkan hewan yang banyak dalam waktu cepat, manusia biasanya membuat sebuah peternakan. Melalui kegiatan peternakan, dapat memenuhi kebutuhan manusia akan daging, telur atau hasil ternak lainnya.
2.         Siswa mengenal jumlah ternak atau telur yang dihasilkan pada sebuah peternakan yang melibatkan bilangan ribuan, sebagai contoh sebuah peternakan yang dapat menghasilkan telur sebanyak 1.250 butir perminggu.
3.         Siswa menjawab pertanyaan guru dengan cara menyebut lambang bilangan 1.250 menggunakan teknik nilai tempat bilangan. Siswa mengenal manfaat dan pentingnya ke-beradaan hewan. Salah satu manfaatnya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Untuk memenuhi kebutuhan manusia yang sangat banyak, maka perlu hewan dalam jumlah yang banyak. Sementara itu, kemampuan hewan berkembang biak sangat berbeda-beda. Untuk menghasilkan hewan yang banyak dalam waktu cepat, manusia biasanya membuat sebuah peternakan. Melalui kegiatan peternakan, dapat memenuhi kebutuhan manusia akan daging, telur atau hasil ternak lainnya.
4.         Siswa mengenal jumlah ternak atau telur yang dihasilkan pada sebuah peternakan yang melibatkan bilangan ribuan, sebagai contoh sebuah peternakan yang dapat menghasilkan telur sebanyak 1.250 butir perminggu.
5.         Siswa menjawab pertanyaan guru dengan cara menyebut lambang bilangan 1.250 menggunakan teknik nilai tempat bilangan.
6.         Angka 1 pada bilangan 1.250 menempati nilai tempat ribuan, dan bernilai 1.000.
7.         Angka 2 pada bilangan 1.250 menempati nilai tempat ratusan, dan bernilai 200.
8.         Angka 5 pada bilangan 1.250 menempati nilai tempat puluhan, dan bernilai 50.
9.         Angka 0 pada bilangan 1.250 menempati nilai tempat satuan, dan bernilai 0
10.     Lambang bilangan 1.250 dibaca seribu dua ratus lima puluh.
11.     Siswa berlatih menuliskan nama dan lambang bilangan sesuai contoh.
12.     Siswa berlatih menemukan cara yang paling mudah dalam membaca lambang bilangan ribuan. Lalu menuliskan pada tempat yang tersedia.

Berkarya:
1.         Siswa mengamati berbagai benda yang memiliki motif hewan yang ada di sekitar.
2.         Siswa mengamati berbagai jenis gambar dekoratif dengan motif hewan.
3.         Siswa menggambar dekoratif hewan, menggambar hewan yang disederhanakan tanpa meninggalkan gaya aslinya. Bentuk dan warna pada gambar dekoratif terkadang berbeda dari aslinya, namun kesan gambar aslinya masih tampak.
4.         Siswa berlatih menggambar dekoratif. Untuk mempermudah, siswa mencari bentuk hewan yang ingin digambar dari majalah bekas atau surat kabar.
5.         Siswa menggunting gambar hewan tersebut, lalu menjiplak dan mengguntingnya kembali sehingga menjadi sebuah pola. Gunakan pola tersebut untuk alat bantu menggambar hewan.
6.         Siswa memberi hiasan sesuai imajinasinya.
7.         Siswa juga bisa menggambar langsung bentuk hewan tanpa kegiatan menjiplak.

Bercerita:
1.         Siswa menceritakan hasil karya melalui kegiatan menulis. Cerita berisi gambaran tentang gambar yang dibuat, alasan memilih gambar tersebut, dan hal lainnya yang ingin diceritakan.
2.         Siswa bercerita secara bergantian
3.         Cerita bisa berdasarkan daftar pertanyaan yang ada pada buku

150 menit



Penutup
Menyimpulkan secara bersama-sama:
·         Cara berkembang biak hewan
·         Manfaat yang diperoleh dari proses perkembangbiakan hewan adalah [menjaga kelangsungan hewan dan pemenuhan kebutuhan manusia].

Salam dan do’a penutup.

15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 3 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 3 dari JGC Software
  3. Media Ajar Motivasi Guru Indonesia dari JGC Software
  4. Gambar berbagai hewan yang mencakup induk serta anaknya.
  5. Pola gambar hewan untuk dijiplak.
  6. Alat mewarnai.
  7. Karton.
  8. Gunting.           
H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.


1. Penilaian Sikap
Buat sendiri Rubriknya (disesuaikan)

2.  Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
a.  Menjawab pertanyaan sesuai isi teks
  Skor setiap soal 2.
  Benar semua 2 x 4 = 8
b.  Memasangkan nama dan lambang bilangan
  Skor setiap soal 1.
  Benar semua 10 x 1 = 10
3.  Penilaian Keterampilan
a.  Rubrik Menulis Petunjuk Tahapan Perkembangbiakan Ayam

3. Tugas soal cerita dan soal latihan pecahan diperiksa kebenarannya dan
diberikan skor.

a.  Rubrik Menulis Petunjuk Tahapan Perkembangbiakan Ayam
Buat sendiri Rubriknya (disesuaikan)

b.  Rubrik Membuat Gambar Dekoratif
Buat sendiri Rubriknya (disesuaikan)

4. Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial        :………….


Mengetahui
Kepala Sekolah,




NARWANTO, S.Pd
NIP. 1969110891992081001
Makarti Mulya, ............................
Guru Kelas 3 ,




Drs. RASTUN
NIP. 196509111992081001

No comments:

Post a Comment