ILmu Kesehatan

Monday 9 May 2016

RPP SD KELAS 1 TEMA 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP) KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan    : SD N 1 MAKARTI MULYA
Kelas / Semester        :  1 /1
Tema                           :  Kegiatanku (Tema 3)
Sub Tema                   :   Kegiatan Siang Hari (Sub Tema 2 )
Pembelajaran ke         :  1
Alokasi waktu            :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
·         Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
·         Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
·         Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
·         Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia

No
Kompetensi
Indikator
3.1










4.1
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan panca indera, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman

Mengamati dan menirukan teks
deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
·         Mendiskusikan kosa kata yang tidak dimengerti
·         Menirukan teks deskriptif yang dibacakan dengan suara nyaring
·         Mempraktikkan bermain peran berdasarkan teks


Muatan: PPKn

No
Kompetensi
Indikator
3.2



4.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan sekolah
Melaksanakan tata tertib
di rumah dan sekolah
·         Membedakan perilaku tertib dan tidak tertib
·         Mempraktikkan tata tertib dalam bermain peran


C.     TUJUAN
·         Dengan menyimak penjelasan guru, siswa  dapat menirukan teks yang dibaca nyaring.
·         Dengan kegiatan membaca nyaring, siswa dapat menjawab pertanyaan tentang isi teks melalui kegiatan tanya jawab.
·         Dengan mendengarkan guru membacakan wacana, siswa dapat berdiskusi tentang kosa kata baru.
·         Dengan melakukan diskusi dan tanya jawab, siswa dapat memilih gambar-gambar yang menunjukkan perilaku tertib dengan benar.
·         Dengan diskusi, siswa dapat bermain peran tentang Kancil dan Buaya dengan kerjasama yang baik.

D.    MATERI
Membaca dan Memahami Isi Bacaan
Bermain Peran
Membedakan Perilaku Tertib dan Tidak Tertib

E.     PENDEKATAN & METODE
      Pendekatan           : Scientific
      Strategi                  : Cooperative Learning
      Teknik                   : Example Non Example
Metode                 : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
Membaca dan Memahami Isi Bacaan
1. Guru menyampaikan bahwa di antara pagi dan malam terdapat waktu siang dan sore.
2. Waktu siang adalah pada saat sinar matahari sudah terasa panas dan terik.
3. Guru membacakan teks deskriptif sederhana dan ditirukan siswa dengan nyaring.
4. Siswa mengikuti bacaan yang ditunjukkan oleh guru.
5. Guru bertanya kepada siswa “Apakah ada kata-kata yang tidak dimengerti?”
6. Siswa berdiskusi tentang isi teks dengan bantuan guru.

Bermain Peran
1. Guru membacakan wacana Kancil dan Buaya.
2. Siswa menirukan guru dengan suara nyaring.
3. Siswa berlatih bermain peran cerita Kancil dan Buaya sesuai teks.
4. Guru bertindak sebagai narator dan mengarahkan siswa.
5. Selanjutnya, siswa berperan sebagai narator, sebagai Kancil dan sebagai Buaya.
6. Guru mengulangi kegiatan ini sampai semua siswa mendapatkan kesempatan.
7. Siswa harus mendengarkan dan melihat pertunjukkan dengan tertib.
8. Siswa memberikan apresiasi kepada siswa lain dengan bertepuk tangan.
Membedakan Perilaku Tertib dan Tidak Tertib
1. Guru mengarahkan diskusi dengan bertanya kepada siswa mengenai perilaku tertib.
2. Guru mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan gambar.
3. Setelah semua gambar ditunjukkan, (untuk meningkatkan pemahaman siswa) guru melakukan permainan.
4. Guru meletakkan gambar-gambar tersebut di depan kelas.
5. Guru mempersilakan dua orang siswa untuk mengikuti permainan.
6. Kedua siswa tersebut akan berlomba mengumpulkan gambar-gambar yang menunjukkan ketertiban.
7. Setelah selesai mengumpulkan gambar-gambar tersebut, kedua siswa menyerahkan kepada guru.
8. Pemenangnya adalah siswa yang paling banyak mengumpulkan gambar yang sesuai.
9. Selanjutnya, siswa mengerjakan latihan memilih gambar yang menunjukkan ketertiban di buku siswa.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
         Guru memberikan penguatan dan kesimpulan hasil diskusi dengan menjawab dan menambah “ayo renungkan”.
         Siswa  diberikan kesempatan berbicara /bertanya dan menambahkan informasi dari siswa lainnya.
         Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak.
         Salam dan do’a penutup

    15
    menit


G.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Diri anak, Lingkungan keluarga, dan Lingkungan sekolah.
·         Buku Pedoman Guru Tema 3 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 3 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Sekolahnya Mannusia, Munif Khotif.
·         Software Pengajaran Kelas 1 SD/MI dari JGC :
·         Video/slide/buklet/pamflet/gambar  tentang  Kegiatan Siang Hari.
·         Gambar-gambar yang menunjukkan sikap tertib.
·         Gambar-gambar yang menunjukkan sikap tidak tertib (bertengkar, mengejek, membuang sampah sembarangan, dan lain-lain).

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian.

Catatan Guru
1. Masalah                :……….
2. Ide Baru               :………..
3. Momen Spesial     :………….


Mengetahui
Kepala Sekolah,



MULYONO, S,Pd, M.SI
NIP. 196610121989061001
Makarti Mulya, 31 Oktober 2015
Guru Kelas 1  ,



SUKIMAH, S.Pd, SD
NIP 196806061992082001


No comments:

Post a Comment