RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 1MAKARTI MULYA
Kelas / Semester : 1 /2
Tema : Pengalamanku
(Tema 5)
Sub Tema : Pengalaman Masa Kecil (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu :
B Ind, PPKn, SBDP
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.4
|
Mengenal teks cerita diri
atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
|
|
4.4
|
Menyampaikan teks cerita
diri atau personal tentang keluarga secara
mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa
daerah untuk membantu penyajian
|
Muatan: PPKn
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
4.1
|
Mengenal
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”
Mengamati dan menceritakan
perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya
terhadap salah satu simbol sila Pancasila
|
·
Menirukan sila-sila dalam
Pancasila yang dibacakan oleh guru
·
Menceritakan pengalaman dalam beribadah
·
Memasangkan simbol-simbol
sila Pancasila dengan sila-sila pada Pancasila
|
Muatan : SBdP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
4.8
|
Mengenal
pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis
Memainkan pola irama lagu bertanda
birama dua dan tiga dengan alat musik ritmis
|
·
Membedakan pola irama lagu
menggunakan alat musik ritmis
·
Mengikuti irama lagu bertanda
birama dua dengan menggunakan alat musik ritmis
|
C.
TUJUAN
- Dengan menyimak cerita tentang pengalaman masa kecil, siswa
dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi cerita dengan percaya
diri.
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan pengalaman masa
kecil dengan percaya diri.
- Dengan menirukan bunyi Pancasila, siswa dapat menyebutkan
sila-sila Pancasila dengan benar.
- Dengan mengamati gambar, siswa dapat memasangkan simbol-simbol
dalam Pancasila dengan lengkap dan tepat.
- Dengan menyimak contoh pengamalan sila pertama Pancasila, siswa
dapat menceritakan pengalamannya yang berkaitan dengan sila pertama dengan
percaya diri.
- Dengan mendengarkan lagu Garuda Pancasila, siswa dapat mengenal
irama lagu bervariasi yang menggunakan alat musik ritmis dengan benar.
- Dengan mendengarkan lagu Garuda Pancasila, siswa dapat
mengikuti pola irama lagu bertanda birama dua menggunakan alat musik
ritmis dengan benar.
D. MATERI
- Menceritakan cerita tentang pengalaman masa kecil
- Menyebutkan sila-sila
Pancasila
- Menceritakan
pengalamannya yang berkaitan dengan sila pertama
- Mengenal irama lagu
bervariasi yang menggunakan alat musik ritmis
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan
masing-masing,
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
5.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Siswa mendengarkan guru membuka
pelajaran
dengan
menyanyikan lagu Bunda Piara.
2. Siswa diajak membaca bersama-sama wacana
yang terdapat pada buku siswa.
3. Siswa dipersilakan mengajukan pertanyaan
tentang lagu dan wacana pada buku siswa.
4. Siswa diminta membentuk kelompok kecil
dan berdiskusi mengenai pengalaman masa kecil.
5. Setiap kelompok menceritakan kembali
hasil diskusi mereka.
6. Siswa dibimbing untuk menyimpulkan hasil
presentasi tiap kelompok.
7. Siswa mengamati dan mengajukan pertanyaan
mengenai gambar burung garuda pada buku siswa.
8. Siswa dan guru berdiskusi mengenai
gambar burung garuda beserta simbol-simbolnya.
9. Siswa diminta untuk mengucapkan Pancasila
secara lantang dengan bimbingan guru.
10. Guru menunjukkan bahwa setiap simbol
mewakili setiap sila dari Pancasila.
11. Siswa berlomba memasangkan simbol
sila-sila dalam Pancasila secara berkelompok.
12. Guru menyebutkan sila-sila dalam
Pancasila secara acak, siswa di barisan pertama diminta untuk mencari simbol
yang dimaksud.
13. Peserta yang sudah mendapat giliran mundur
ke barisan paling belakang, peserta di barisan kedua maju untuk menjawab soal berikutnya, kelompok yang mampu
mengumpulkan skor paling banyak menjadi pemenangnya.
14. Siswa mengamati gambar bintang sebagai
simbol sila pertama dan diminta menyebutkan dengan lantang bunyi dari sila
pertama.
15. Siswa menceritakaan pengalaman beribadah
yang berkaitan dengan pengamalan sila kesatu Pancasila.
16. Siswa dibimbing guru untuk menyanyikan
lagu Garuda Pancasila.
17. Siswa mengajukan pertanyaan seputar lagu
Garuda Pancasila.
18. Siswa membandingkan lagu yang diiringi alat
musik dan yang dibacakan syairnya.
19. Siswa menyebutkan alat-alat musik yang
mereka ketahui.
20. Guru menjelaskan tentang alat musik
ritmis.
21. Siswa memilih kartu bergambar alat musik
ritmis.
22. Siswa diminta untuk menyanyikan kembali
lagu Garuda Pancasila.
23. Guru menjelaskan tanda birama dua pada
musik.
24. Siswa mempraktikkan lagu Garuda
Pancasila melalui penggunaan alat musik. Alat musik dapat diganti dengan
menggunakan peralatan dapur seperti panci, ember, dan botol kaca.
25. Bagi siswa menjadi dua kelompok. Satu
kelompok diminta menyanyikan lagu Garuda Pancasila,kelompok lainnya
mengiringi dengan alat musik.
26. Lakukan hal tersebut di atas secara
bergiliran.
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1. Guru menjelaskan kesimpulan
pentingnya saling mengenal, dimulai dari mengenal nama.
2. Tugas rumah bersama Orang
Tua: Orang tua diminta untuk membawakan foto siswa saat masa bayi atau balita
ke sekolah. Orang tua diminta untuk menceritakan peristiwa yang terdapat pada
foto yang akan dibawa ke sekolah, atau menceritakan peristiwa masa kecil yang
menarik.
3. Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
G. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 1 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta :
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.
Software Pengajaran kelas 1 semester
2 SD/MI dari JGC.
3.
Lagu Bunda Piara.
4.
Gambar burung garuda Pancasila.
5.
10 set kartu bergambar simbol-simbol dari Pancasila (terlampir di dalam
buku guru).
6.
Buku siswa.
7.
Gambar-gambar berbagai alat musik.
H. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
1. Pengamatan Sikap
No
|
Nama
|
Percaya
Diri
|
Disiplin
|
Bekerja
Sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan :
Intrumen penilaian : tes
tertulis (di buku siswa)
3. Penilaian Keterampilan:
a. Penilaian: Untuk kerja menceritakan
Hasil Diskusi tentnag Pengalaman masa kecil
Rubik Menceritakan Hasil
Diskusi tentang Pengalaman Masa Kecil
............................................................................................................................
b. Penialaian : Unjuk kerja
Rubik Pengalaman Menyanyikan
Lagu Garuda Pancasila
............................................................................................................................
4. Penilaian Umum
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
Kesimpulan
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
Mulyono,
S.Pd, M.Si Sudarno
NIP. 196610121989061001
|
Makarti Mulya,
12 Januari 2016
Guru
Kelas 1 ,
Sukimah, S.Pd
NIP. 196806061992082001.
|
No comments:
Post a Comment