ILmu Kesehatan

Sunday 15 May 2016

RPP SD KELAS 1 K13 TEMA 5 SUBTEMA 1


   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)

Satuan Pendidikan      : SDN 1MAKARTI MULYA
Kelas / Semester          :  1 /2
Tema                           :  Pengalamanku (Tema 5)
Sub Tema                    :  Pengalaman Masa Kecil (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu          :  B Ind, PPKn, SBDP
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 hari


A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.4






Mengenal teks cerita diri atau personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
  • Menjawab pertanyaan tentang cerita masa kecil yang baru diperkenalkan guru
  • Menceritakan secara lisan peristiwa masa kecil yang diingatnya
4.4

Menyampaikan teks cerita diri atau personal tentang keluarga secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian      



Muatan: PPKn
No
Kompetensi
Indikator
3.1



4.1
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”

 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap salah satu simbol sila Pancasila   


·         Menirukan sila-sila dalam Pancasila yang dibacakan oleh guru
·          Menceritakan pengalaman dalam beribadah
·         Memasangkan simbol-simbol sila Pancasila dengan sila-sila pada Pancasila


      Muatan : SBdP
No
Kompetensi
Indikator
3.2



4.8

Mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis

Memainkan pola irama lagu bertanda birama dua dan tiga dengan alat musik ritmis

·         Membedakan pola irama lagu menggunakan alat musik ritmis

·         Mengikuti irama lagu bertanda birama dua dengan menggunakan alat musik ritmis


C.    TUJUAN
  1. Dengan menyimak cerita tentang pengalaman masa kecil, siswa dapat menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi cerita dengan percaya diri.
  2. Dengan bimbingan guru, siswa dapat menceritakan pengalaman masa kecil dengan percaya diri.
  3. Dengan menirukan bunyi Pancasila, siswa dapat menyebutkan sila-sila Pancasila dengan benar.
  4. Dengan mengamati gambar, siswa dapat memasangkan simbol-simbol dalam Pancasila dengan lengkap dan tepat.
  5. Dengan menyimak contoh pengamalan sila pertama Pancasila, siswa dapat menceritakan pengalamannya yang berkaitan dengan sila pertama dengan percaya diri.
  6. Dengan mendengarkan lagu Garuda Pancasila, siswa dapat mengenal irama lagu bervariasi yang menggunakan alat musik ritmis dengan benar.
  7. Dengan mendengarkan lagu Garuda Pancasila, siswa dapat mengikuti pola irama lagu bertanda birama dua menggunakan alat musik ritmis dengan benar.

D.    MATERI
  1. Menceritakan cerita tentang pengalaman masa kecil
  2. Menyebutkan sila-sila Pancasila
  3. Menceritakan pengalamannya yang berkaitan dengan sila pertama
  4. Mengenal irama lagu bervariasi yang menggunakan alat musik ritmis


E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.       Siswa mendengarkan guru membuka pelajaran
dengan menyanyikan lagu Bunda Piara.
2.       Siswa diajak membaca bersama-sama wacana yang terdapat pada buku siswa.
3.       Siswa dipersilakan mengajukan pertanyaan tentang lagu dan wacana pada buku siswa.
4.       Siswa diminta membentuk kelompok kecil dan berdiskusi mengenai pengalaman masa kecil.
5.       Setiap kelompok menceritakan kembali hasil diskusi mereka.
6.        Siswa dibimbing untuk menyimpulkan hasil presentasi tiap kelompok.
7.        Siswa mengamati dan mengajukan pertanyaan mengenai gambar burung garuda pada buku siswa.
8.       Siswa dan guru berdiskusi mengenai gambar burung garuda beserta simbol-simbolnya.
9.         Siswa diminta untuk mengucapkan Pancasila secara lantang dengan bimbingan guru.
10.    Guru menunjukkan bahwa setiap simbol mewakili setiap sila dari Pancasila.
11.   Siswa berlomba memasangkan simbol sila-sila dalam Pancasila secara berkelompok.
12.   Guru menyebutkan sila-sila dalam Pancasila secara acak, siswa di barisan pertama diminta untuk mencari simbol yang dimaksud.
13.    Peserta yang sudah mendapat giliran mundur ke barisan paling belakang, peserta di barisan kedua maju untuk menjawab  soal berikutnya, kelompok yang mampu mengumpulkan skor paling banyak menjadi pemenangnya.
14.   Siswa mengamati gambar bintang sebagai simbol sila pertama dan diminta menyebutkan dengan lantang bunyi dari sila pertama.
15.    Siswa menceritakaan pengalaman beribadah yang berkaitan dengan pengamalan sila kesatu Pancasila.
16.   Siswa dibimbing guru untuk menyanyikan lagu Garuda Pancasila.
17.    Siswa mengajukan pertanyaan seputar lagu Garuda Pancasila.
18.    Siswa membandingkan lagu yang diiringi alat musik dan yang dibacakan syairnya.
19.    Siswa menyebutkan alat-alat musik yang mereka ketahui.
20.   Guru menjelaskan tentang alat musik ritmis.
21.   Siswa memilih kartu bergambar alat musik ritmis.
22.   Siswa diminta untuk menyanyikan kembali lagu Garuda Pancasila.
23.    Guru menjelaskan tanda birama dua pada musik.
24.   Siswa mempraktikkan lagu Garuda Pancasila melalui penggunaan alat musik. Alat musik dapat diganti dengan menggunakan peralatan dapur seperti panci, ember, dan botol kaca.
25.   Bagi siswa menjadi dua kelompok. Satu kelompok diminta menyanyikan lagu Garuda Pancasila,kelompok lainnya mengiringi dengan alat musik.
26.   Lakukan hal tersebut di atas secara bergiliran.
    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.      Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya saling mengenal, dimulai dari mengenal nama.
2.      Tugas rumah bersama Orang Tua: Orang tua diminta untuk membawakan foto siswa saat masa bayi atau balita ke sekolah. Orang tua diminta untuk menceritakan peristiwa yang terdapat pada foto yang akan dibawa ke sekolah, atau menceritakan peristiwa masa kecil yang menarik.
3.      Salam dan do’a penutup.
    15
    menit




G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.      Software Pengajaran  kelas 1 semester 2  SD/MI dari JGC.
3.      Lagu Bunda Piara.
4.      Gambar burung garuda Pancasila.
5.      10 set kartu bergambar simbol-simbol dari Pancasila (terlampir di dalam buku guru).
6.      Buku siswa.
7.      Gambar-gambar berbagai alat musik.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.      Pengamatan Sikap
No
Nama
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja Sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
SM
BT
MT
MB
1













2













3













4














2. Penilaian Pengetahuan :
Intrumen penilaian : tes tertulis (di buku siswa)
3.      Penilaian Keterampilan:
a.       Penilaian: Untuk kerja menceritakan Hasil Diskusi tentnag Pengalaman masa kecil
Rubik Menceritakan Hasil Diskusi tentang Pengalaman Masa Kecil
............................................................................................................................
b.       Penialaian : Unjuk kerja
Rubik Pengalaman Menyanyikan Lagu Garuda Pancasila
............................................................................................................................  
4.      Penilaian Umum
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
Kesimpulan
1






2






3






4






dst








Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial        :………….

Mengetahui
Kepala Sekolah,




          Mulyono, S.Pd, M.Si             Sudarno                  
            NIP. 196610121989061001
Makarti Mulya, 12 Januari 2016
Guru Kelas 1  ,




Sukimah, S.Pd
NIP. 196806061992082001.




No comments:

Post a Comment