ILmu Kesehatan

Monday 9 May 2016

RPP SD KELAS 3 K13 TEMA 1 SUB TEMA 3


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      : SDN 1 Makarti Mulya
Kelas / Semester          :  3 /1
Tema                           :  Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan (Tema 1)
Sub Tema                    :  Pelestarian Hewan dan Tumbuhan Langka (Sub Tema 3)
Pembelajaran ke          : 
Alokasi waktu             : 

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
  3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.2 








4.2 




Menguraikan teks arahan/petunjuk
tentang perawatan hewan dan
tumbuhan, serta daur hidup hewan
dan pengembangbiakan tanaman
dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu
pemahaman.
Menerangkan dan mempraktikkan
teks arahan/petunjuk tentang
perawatan hewan dan tumbuhan
serta daur hidup hewan dan
pengembangbiakan tanaman secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian..

·         Mengidentifikasi isi teks tentang nama hewan yang harus dilestarikan.
·         Menuliskan tahapan melakukan gerak hewan yang perlu dilestarikan.

Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.1 



4.2 


Memahami sifat-sifat operasi hitung
bilangan asli melalui pengamatan
pola penjumlahan dan perkalian.

Merumuskan dengan kalimat sendiri,
membuat model matematika,
dan memilih strategi yang efektif
dalam memecahkan masalah nyata
sehari-hari yang berkaitan dengan
penjumlahan, pengurangan, perkalian,
pembagian bilangan bulat, waktu,
panjang, berat benda, dan uang, serta 
memeriksa kebenaran jawabnya.
·         Mengidentifikasi sifat perkalian sebagai penjumlahan berulang.
·         Merumuskan soal cerita dalam menyelesaikan masalah sehai-hari yang berkaitan perkalian 5.

Muatan : SBdP
No
Kompetensi
Indikator
3.3 


4.9 


Memahami gerak kuat dan lemah
dalam tari dengan menggunakan
musik sebagai iringan.
Mengembangkan gerak berdasarkan
hasil pengamatan alam sekitar ke
dalam bentuk tari bertema.
·         Mengidentifikasi gerak kuat dalam sebuah tari tradisional.
·         Mengidentifikasi gerak lemah dalamsebuah tari tradisional.
·         Menirukan gerak alam hasil peng-amatan dari alam sekitar.

C.    TUJUAN
  1. Dengan kegiatan menari, siswa dapat mengidentifikasi gerakan kuat dalam sebuah tari tradisional dengan benar.
  2. Dengan kegiatan menari, siswa dapat mengidentifikasi gerakan lemah dalam sebuah tari tradisional dengan benar.
  3. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menirukan gerakan hewan pada kegiatan menari dengan benar.
  4. Dengan membaca, siswa dapat mengidentifikasi isi teks tentang pelestarian tumbuhan dan hewan dengan benar.
  5. Dengan membaca, siswa dapat menulis cara menirukan gerak hewan yang perlu dilestarikan dengan benar.
  6. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal perkalian dengan benar.
  7. Dengan mengamati contoh, siswa dapat merumuskan soal cerita dalam menyelesaikan masalah sehai-hari yang berkaitan perkalian dengan benar..                                                                      



D.    MATERI
1.      Bacaan teks investigasi
2.      Stuktur bunga dan proses perkembangbiakan generatif
3.      Operasi hitung penjumlahan, pengurangan, dan perkalian pada berbagai bentuk pecahan

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 :, Pengamatan, tanya jawab, diskusi, presentasi dan praktek

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak, bernyanyi lagu yang relevan, game opening dan kata-kata positif yang memotivasi.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa kesiapan siswa.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
Mengamati:
  1. Siswa memperhatikan gambar yang berisi hewan dan tumbuhan langka.
  2. Bagi siswa yang pernah melihat hewan dan tumbuhan tersebut, diminta untuk bercerita pengalaman di mana mereka melihatnya.
  3. Siswa mengamati teks lagu anak-anak berjudul Taman Mini yang dinyanyikan oleh penyanyi anak-. anak zaman dahulu, yaitu Chicha Koeswoyo. Lagu tersebut menceritakan Taman Mini yang merupakan miniatur Indonesia. Di sana kita diberi gambaran tentang kekayaan budaya dan alam Indonesia. Setelah membaca syair lagu tersebut, diharapkan siswa dapat mengenal nama hewan Indonesia dan asalnya.
  4. Siswa menjawab pertanyaan sesuai teks.
  5. Siswa berlatih menyanyikan lagu sesuai contoh yang diberikan guru.
  6. Siswa berlatih mengungkapkan perasaan bangganya sebagai bangsa Indonesia yang memiliki keragaman budaya dan alam dalam bentuk tulisan.
  7. Siswa berbagi informasi tentang hewan langka yang ada di daerahnya, jika di dalam satu kelas ada yang berbeda daerah.
  8. Siswa berlatih gerakan tari sederhana dengan menirukan gerakan hewan yang namanya ada pada teks lagu.
 Tangan di samping badan dan digerakkan ke depan dan belakangmenyerupai gerak komodo saat berjalan. Diikuti dengan menggerakkan badan ke kiri dan ke kanan. (gerakan kuat).Tangan dikepak-kepakkan sambil menggerakkan badan ke kiri dan ke kanan.(Gerakan lemah) Sikap berdiri, kepala mengangguk-angguk, menoleh ke kiri dan kekanan. (Gerakan lemah) Badan tegak, tangan menggantung di atas kepala sambil diayun ke kiri dan ke kanan. Kaki agak dibuka lebar. (Gerakan kuat) Tangan menirukan belalai gajah, sambil bergerak ke kiri dan ke kanan. (Gerakan lemah) 

9.         Beberapa gerakan dilakukan dengan bertenaga sebagai contoh gerakan kuat dalam menari, sebagian gerakan dilakukan tanpa bertenaga untuk menunjukkan.
10.     Siswa berlatih menari sambil bernyanyi.
11.     Siswa dibagi ke dalam dua kelompok besar, satu kelompok bertugas menyanyi dan kelompok lain menari, lalu dilakukan bergantian.
12.     Siswa berdiskusi pengalamannya setelah berlatih menari.


Menulis:
1.         Siswa berlatih menjawab pertanyaan sesuai dengan teks dan kegiatan menari yang sudah dilakukan.
2.         Siswa berlatih menuliskan kembali tahapan me-nirukan gerakan hewan dalam kegiatan menari.
3.         Tahapan harus menjelaskan urutan, cara bergerak dan mengidentifikasi gerakan kuat atau lemah.
Bertanya:
1.      Untuk menambah wawasan, cobalah saling ber-tanya diantara siswa, atau bertanya ke guru tentang hewan atau tumbuhan langka yang ada di daerah asalnya.
2.      Selain hewan dan tumbuhan khas juga kekayaan lain yang dimiliki daerahnya.
3.      Minta mereka menjelaskan dalam bahasa daerah.
4.      Siswa menuliskan informasi yang diperoleh pada tempat yang tersedia

Berlatih:
1.         Setelah bernyanyi, menari, dan menulis, siswamengidentifikasi hewan lainnya yang ada di Indonesia. Selanjutnya, siswa berlatih menghitungjumlah hewan yang ada pada gambar. Soal mengenai penjumlahan berulang dengan bilangan yang sama.Contoh: Banyaknya kaki pada seekor penyu adalah 4 .Banyaknya kaki pada dua ekor penyu adalah .. +
                     4    +  4  =        8
2.         Ditulis dalam bentuk perkalian: 2 x 4 = 8
3.         Latihan dilakukan dengan menggunakan kelereng atau biji-bijian dan piring kertas untuk menunjukkan perkalian lainnya.
4.         Siswa berlatih menyelesaikan soal perkalian 5. (Mencoba)
5.         Siswa berlatih merumuskan soal cerita tentang perkalian.

150 menit



Penutup
·            Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan menyimpulkan nama-nama kekayaan yang dimiliki Indonesia dan menyimpulkan bahwa perkalian adalah penjumlahan yang berulang.
·            Salam dan do’a penutup.

15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 3 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 3 dari JGC Software
  3. Media Ajar Motivasi Guru Indonesia dari JGC Software
  4. Alat bantu mempelajari perkalian seperti kelereng atau biji-bijian dan piring kertas.
  5. Berbagai gambar hewan khas Indonesia..

H.    PENILAIAN

1.  Penilaian Sikap

2.  Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
a.  Menjawab pertanyaan sesuai teks lagu.
Skor setiap soal 10.
Benar semua 3 x 10 / 3 = 10
b.  Menyelesaikan soal perkalian dan membuat soal perkalian 2.
Skor setiap soal 2.
Benar semua 2 x 5 = 10.

3.  Penilaian Keterampilan
Rubrik Menari

4. Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial        :………….


Mengetahui
Kepala Sekolah,




NARWANTO, S.Pd
NIP. 1969110891992081001
Makarti Mulya, ............................
Guru Kelas 3 ,




Drs. RASTUN
NIP. 196509111992081001

No comments:

Post a Comment