RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
KURIKULUM
2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 5 /2
Tema : Organ Tubuh Manusia dan Hewan (Tema 6)
Sub
Tema : Tubuh Manusia (Sub Tema 1)
Jenis Kegiatan : aktivitas untuk kesehatan jantung
Pembelajaran ke : 5
Alokasi waktu : (2x35 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PJOK
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.5
3.11
4.5
4.11
|
Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru
(cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
Memahami bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk
pengembangan kebugaran jasmani.
Menceritakan bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.
|
·
Menyebutkan aktivitas latihan daya tahan Jantung dan Paru.
·
Menyebutkan bahaya merokok.
·
Melakukan aktivitas fisik dalam waktu tertentu.
·
Menjelaskan penyakit-penyakit yang di akibatkan oleh kebiasaan merokok.
|
C.
TUJUAN
- Dengan mengamati gambar berbagai aktivitas
untuk kesehatan jantung dan paruparu, siswa dapat menirukan gerakan-gerakannya
dengan percaya diri
- Dengan bercerita, siswa mampu menyebutkan
aktivitas yang dilakukannya untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru
dengan tanggung jawab
D.
MATERI
- Gerakan-gerakan berbagai aktivitas untuk
kesehatan jantung dan paru-paru
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberikan salam dan mengajak
berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak
dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari
ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-Langkah Kegiatan (Pembukaan):
Pertanyaan dapat berupa, “Siapa yang berangkat ke sekolah dengan jalan
kaki atau mengendarai sepeda?”
Hasil yang diharapkan:
|
150 menit
|
Penutup
|
A. Ayo Renungkan
1.
Mengingat
2.
Memahami
3. Menerapkan
o Kapan kamu melakukan kegiatan ini sebelumnya?
o
Di mana kamu bisa melakukan
kegiatan tersebut kembali?
4.
Menganalisis
5.
Mengevaluasi
6.
Menciptakan
B. Refleksi
Siswa mengisi lembar refleksi pada buku siswa. Pertanyaan-pertanyaan pada
buku siswa bisa dimodifikasi dan diperluas sesuai dengan kebutuhan/kondisi
siswa di setiap kelas.
Bimbing siswa supaya mampu menuliskan semua refleksi kegiatan dengan
rinci sehingga catatan pada kegiatan refleksi bisa digunakan sebagai catatan
pribadi siswa.
C.
Pengayaan
-
D.
Remedial
1. Aktivitas apa saja
yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung?
E.
Belajar dirumah bersama Orangtua
-
F. Salam dan do’a penutup.Pengayaan
|
15 menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
·
Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2013).
·
Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
·
Software
Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 dari JGC
·
Video/slide/gambar
Jalan Kaki atau Mengendarai Sepeda
H.
PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Rubrik Mempraktikkan Gerakan berdasarkan Gambar
Kompetensi yang dinilai:
- Pengetahuan siswa tentang berbagai aktivitas
yang dapat menjaga kesehatan jantung dan paru-paru
- Keterampilan siswa dalam mempraktikkan
gerakan-gerakan sesuai dengan gambar
- Sikap sportif dalam berkegiatan olahraga
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
………………………………
NIP.
…………………………
|
…………………, ...............
Guru
Kelas 5 ,
………………………………
NIP………………………….
|
ini baru benar.
ReplyDeleteBest casinos in Florida and Illinois - DRMCD
ReplyDeleteIf you're looking to 구미 출장마사지 find the best gaming resorts, you might be interested 남원 출장샵 in visiting DRMCD. 김포 출장안마 We 전라북도 출장마사지 have an 밀양 출장안마 interactive guide for you.