ILmu Kesehatan

Wednesday 11 May 2016

RPP PJOK kls 5 K13 TEMA 6 SUBTEMA 1 (jantung)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
 KURIKULUM 2013

Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester          :  5 /2
Tema                           :  Organ Tubuh Manusia dan Hewan (Tema 6)
Sub Tema                    :  Tubuh Manusia (Sub Tema 1)
Jenis Kegiatan             : aktivitas untuk kesehatan jantung
Pembelajaran ke          :  5
Alokasi waktu            : (2x35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : PJOK
No
Kompetensi
Indikator
3.5






3.11



4.5




4.11
Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.


Memahami bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.


Mempraktikkan aktivitas jantung dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.

Menceritakan bahaya merokok terhadap kesehatan tubuh.

·         Menyebutkan aktivitas latihan daya tahan Jantung dan Paru.




·         Menyebutkan bahaya merokok.



·         Melakukan aktivitas fisik dalam waktu tertentu.



·         Menjelaskan penyakit-penyakit yang di akibatkan oleh kebiasaan merokok.

C.    TUJUAN
  1. Dengan mengamati gambar berbagai aktivitas untuk kesehatan jantung dan paruparu, siswa dapat menirukan gerakan-gerakannya dengan percaya diri
  2. Dengan bercerita, siswa mampu menyebutkan aktivitas yang dilakukannya untuk menjaga kesehatan jantung dan paru-paru dengan tanggung jawab

D.    MATERI
  1. Gerakan-gerakan berbagai aktivitas untuk kesehatan jantung dan paru-paru

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
Langkah-Langkah Kegiatan (Pembukaan):
  1. Kegiatan dimulai dengan mengomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
  2. Guru memberikan pertanyaan untuk menstimulus antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran.
Pertanyaan dapat berupa, “Siapa yang berangkat ke sekolah dengan jalan kaki atau mengendarai sepeda?”
  1. Siswa mengamati gambar berbagai aktivitas yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan paru-paru
  2. Secara serempak, siswa mempraktikkan gerakan yang ditunjukkan pada gambar
  3. Untuk meningkatkan keaktifan dan konsentrasi, guru bersama siswa bisa membuat kesepakatan/ aturan main yang menjelaskan konsekuensi bagi yang melakukan kesalahan dalam gerak

Hasil yang diharapkan:
  1. Sikap jujur dalam menjawab pertanyaan
  2. Keterampilan mengamati pola gerakan dalam gambar
  3. Sikap kerja sama, disiplin, dan tertib selama kegiatan pembelajaran
  4. Sikap tanggung jawab apabila melakukan kesalahan

150 menit
Penutup
A.    Ayo Renungkan
  1. Siswa menjawab pertanyaan perenungan yang ada pada buku siswa.    
  2. Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan yaitu:
1.  Mengingat
    • Apa yang kamu lakukan hari ini?
2.  Memahami
    • Apa yang penting dari yang kamu pelajari/lakukan?
    • Apakah tujuan kegiatan yang kamu lakukan sudah tercapai?
3.   Menerapkan
o   Kapan kamu melakukan kegiatan ini sebelumnya?
o   Di mana kamu bisa melakukan kegiatan tersebut kembali?
4.  Menganalisis
    • Apakah kamu melihat pola dan hubungan dari apa yang kamu lakukan?
5.  Mengevaluasi
    • Seberapa baik kamu melakukan kegiatan tadi?
    • Apakah kegiatan yang telah kamu lakukan berjalan dengan baik?
    • Apa yang kamu perlukan untuk lebih meningkatkannya?
6.  Menciptakan
    • Apa yang harus kamu lakukan selanjutnya?
    • Apa rencana kamu?
    • Apa desain yang kamu buat?

  1. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
  2. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya.

B.     Refleksi
Siswa mengisi lembar refleksi pada buku siswa. Pertanyaan-pertanyaan pada buku siswa bisa dimodifikasi dan diperluas sesuai dengan kebutuhan/kondisi siswa di setiap kelas.
Bimbing siswa supaya mampu menuliskan semua refleksi kegiatan dengan rinci sehingga catatan pada kegiatan refleksi bisa digunakan sebagai catatan pribadi siswa.
           
C.    Pengayaan
-

D.    Remedial
1. Aktivitas apa saja yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung?

E.     Belajar dirumah bersama Orangtua
-

F.     Salam dan do’a penutup.Pengayaan

15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
·         Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
·         Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
·         Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 dari JGC
·         Video/slide/gambar Jalan Kaki atau Mengendarai Sepeda


H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Rubrik Mempraktikkan Gerakan berdasarkan Gambar
Kompetensi yang dinilai:
  1. Pengetahuan siswa tentang berbagai aktivitas yang dapat menjaga kesehatan jantung dan paru-paru
  2. Keterampilan siswa dalam mempraktikkan gerakan-gerakan sesuai dengan gambar
  3. Sikap sportif dalam berkegiatan olahraga



Catatan Guru
1. Masalah             :……….
2. Ide Baru                        :………..
3. Momen Spesial  :………….

Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………,    ...............
Guru Kelas 5  ,



………………………………
NIP………………………….

2 comments:

  1. Best casinos in Florida and Illinois - DRMCD
    If you're looking to 구미 출장마사지 find the best gaming resorts, you might be interested 남원 출장샵 in visiting DRMCD. 김포 출장안마 We 전라북도 출장마사지 have an 밀양 출장안마 interactive guide for you.

    ReplyDelete