ILmu Kesehatan

Wednesday 11 May 2016

RPP PJOK KLS 5 Tema 6 subtema 1 (Jalan Cepat)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester          :  5 /2
Tema                           :  Organ Tubuh Manusia dan Hewan (Tema 6)
Sub Tema                    :  Tubuh Manusia (Sub Tema 1)
Jenis Kegiatan             : Jalan Cepat
Pembelajaran ke          :  2
Alokasi waktu            : (2x35 menit)

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : PJOK
No
Kompetensi
Indikator
3.5





4.5

Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan
paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.

Mempraktikkan aktivitas jantung
dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.

·         Menyebutkan aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.




·         Merencanakan program latihan daya tahan secara individual.

C.    TUJUAN
  1. Dengan mengamati gambar dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi manfaat olah raga (jalan cepat) dengan rasa ingin tahu
  2. Dengan menggali informasi dari teks “Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung”, siswa mampu menyimpulkan jenis olahraga yang baik untuk jantung dengan cermat

D.    MATERI
  1. Manfaat olah raga (jalan cepat)
  2. Teks “ Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung”

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
Langkah-Langkah Kegiatan (Pembukaan):
  1. Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
  2. Siswa mengamati gambar anak-anak yang sedang melakukan jalan cepat. Gambar ini menjadi stimulus untuk melakukan diskusi tentang manfaat jalan cepat bagi kesehatan
  3. Siswa menuliskan manfaat jalan cepat pada kolom yang disediakan di buku siswa. Kegiatan ini bisa dilakukan secara individual atau berpasangan dengan teman sebangku (disesuaikan dengan kondisi kelas)

Hasil yang diharapkan:
  1. Rasa ingin tahu siswa terhadap topik pembelajaran
  2. Ketertarikan siswa pada topik pembelajaran
  3. Kepercayaan diri siswa dalam menyampaikan pendapat

Langkah-Langkah Kegiatan:
  1. Siswa membaca teks “Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung”. Teks ini berisi aktivitas-aktivitas fisik yang bermanfaat untuk kesehatan
  2. Siswa mencari informasi penting yang terdapat dalam bacaan secara cermat dan teliti (kegiatan membaca)
  3. Siswa menggali informasi tentang jenis olahraga yang baik untuk jantung
  4. Siswa membuat simpulan berdasarkan teks yang dibaca secara mandiri

Hasil yang Diharapkan:
  1. Pengetahuan siswa tentang jenis olah raga yang baik untuk jantung
  2. Keterampilan siswa dalam mencari informasi
  3. Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggali informasi
  4. Kemandirian siswa dalam menarik simpulan

150 menit
Penutup
A.    Ayo Renungkan
  1. Siswa menjawab pertanyaan perenungan yang ada pada buku siswa. 
  2. Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan yaitu:
1.  Mengingat
    • Apa yang kamu lakukan hari ini?
2.  Memahami
    • Apa yang penting dari yang kamu pelajari/lakukan?
    • Apakah tujuan kegiatan yang kamu lakukan sudah tercapai?
3.   Menerapkan
o   Kapan kamu melakukan kegiatan ini sebelumnya?
o   Di mana kamu bisa melakukan kegiatan tersebut kembali?
4.  Menganalisis
    • Apakah kamu melihat pola dan hubungan dari apa yang kamu lakukan?
5.  Mengevaluasi
    • Seberapa baik kamu melakukan kegiatan tadi?
    • Apakah kegiatan yang telah kamu lakukan berjalan dengan baik?
    • Apa yang kamu perlukan untuk lebih meningkatkannya?
6.  Menciptakan
    • Apa yang harus kamu lakukan selanjutnya?
    • Apa rencana kamu?
    • Apa desain yang kamu buat?

  1. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
  2. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya.

B.     Pengayaan
-

C.    Remedial
-

D.    Belajar dirumah bersama Orangtua
-

E.     Salam dan do’a penutup.
15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  2. Buku Sekolahnya Manusia, Munif Khotif.
  3. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 dari JGC
4.      Video/slide/gambar jalan sehat
H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.


Rubrik Menyimpulkan Teks “Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung”
Kompetensi yang dinilai:
1.      Pengetahuan siswa tentang jenis olahraga yang baik untuk jantung
2.      Kemandirian dan manajemen waktu
3.      Ketepatan siswa dalam menarik simpulan




Catatan Guru
1. Masalah           :……….
2. Ide Baru                      :………..
3. Momen Spesial            :………….


Mengetahui
Kepala Sekolah,



………………………………
NIP. …………………………
…………………,    ...............
Guru Kelas 5,



………………………………
NIP………………………….


No comments:

Post a Comment