RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
PJOK
KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 5 /2
Tema : Organ Tubuh Manusia dan Hewan (Tema 6)
Sub
Tema : Tubuh Manusia (Sub Tema 1)
Jenis Kegiatan : Jalan Cepat
Pembelajaran ke : 2
Alokasi waktu : (2x35 menit)
A.
KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : PJOK
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.5
4.5
|
Memahami konsep aktivitas latihan daya tahan jantung dan
paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
Mempraktikkan aktivitas jantung
dan paru (cardiorespiratory) untuk pengembangan kebugaran jasmani.
|
·
Menyebutkan aktivitas latihan daya tahan jantung dan paru.
·
Merencanakan program latihan daya tahan secara individual.
|
C.
TUJUAN
- Dengan mengamati
gambar dan berdiskusi, siswa mampu mengidentifikasi manfaat olah raga
(jalan cepat) dengan rasa ingin tahu
- Dengan menggali
informasi dari teks “Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung”, siswa mampu
menyimpulkan jenis olahraga yang baik untuk jantung dengan cermat
D.
MATERI
- Manfaat olah raga (jalan cepat)
- Teks “ Jenis Olahraga yang Baik
untuk Jantung”
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
1. Guru memberikan salam dan mengajak
berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak
dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari
ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-Langkah Kegiatan (Pembukaan):
Hasil yang diharapkan:
Langkah-Langkah
Kegiatan:
Hasil yang Diharapkan:
|
150 menit
|
Penutup
|
A. Ayo Renungkan
1.
Mengingat
2.
Memahami
3. Menerapkan
o Kapan kamu melakukan kegiatan ini sebelumnya?
o
Di mana kamu bisa melakukan
kegiatan tersebut kembali?
4.
Menganalisis
5.
Mengevaluasi
6.
Menciptakan
B.
Pengayaan
-
C.
Remedial
-
D.
Belajar dirumah bersama Orangtua
-
E.
Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
- Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Buku Sekolahnya Manusia, Munif
Khotif.
- Software Pengajaran SD/MI untuk kelas
5 dari JGC
4. Video/slide/gambar jalan sehat
H.
PENILAIAN
Penilaian terhadap proses
dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian
kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan
penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran.
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan
sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan presentasi unjuk kerja atau hasil
karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.
Rubrik Menyimpulkan Teks “Jenis Olahraga yang Baik untuk Jantung”
Kompetensi yang dinilai:
1.
Pengetahuan siswa tentang jenis olahraga yang baik untuk jantung
2.
Kemandirian dan manajemen waktu
3.
Ketepatan siswa dalam menarik simpulan
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
………………………………
NIP.
…………………………
|
…………………, ...............
Guru
Kelas 5,
………………………………
NIP………………………….
|
No comments:
Post a Comment