ILmu Kesehatan

Tuesday 10 May 2016

RPP KELAS 3 K13 TEMA 2 SUB TEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      : SDN 1 Makarti Mulya
Kelas / Semester          :  3 /1
Tema                           :  Perkembangbangan Teknologi (Tema 2)
Sub Tema                    :  Perkembangbangan Teknologi Pangan(Sub Tema 1)
Pembelajaran ke          : 
Alokasi waktu             : 

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
  3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.3 









4.3 




Mengemukakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,
komunikasi, dan transportasi serta
permasalahan dan lingkungan sosial di daerah dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
Mengolah dan menyajikan teks surat
tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi,komunikasi, dan
transportasi serta permasalahan dan
lingkungan sosial di daerah secara mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
·         Mengidentifikasi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi secara lisan atau tulis.
·         Mengelompokkan hasil teknologi pangan dan yang bukan pada teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi secara tertulis.
·         Membaca teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi.
·         Menceritakan kembali isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi produksi secara lisan atau tulis dengan tepat..

Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.3 




4.2 


Memahami konsep pecahan sederhana menggunakan benda-benda yang konkrit/gambar, serta menentukan nilai terkecil dan terbesar.
Merumuskan dengan kalimat sendiri,
membuat model matematika, dan
memilih strategi yang efektif dalam
memecahkan masalah nyata sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian bilangan bulat, waktu, panjang, berat benda, dan uang, serta memeriksa kebenaran
jawabnya.
·         Menyebutkan  lambang pecahan biasa berdasarkan gambar.
·         Menentukkan pecahan biasa sebagai bagian dari sesuatu yang utuh dengan benar.
·         Menuliskan lambang pecahan pecahan biasa berdasarkan gambar..

Muatan : SBdP
No
Kompetensi
Indikator
3.1 
4.1 


Mengenal karya seni gaya dekoratif.
Menggambar dekoratif dengan mengolah perpaduan garis, warna, bentuk, dan tekstur berdasarkan
hasil pengamatan di lingkungan sekitar.
·         Mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif.
·         Membuat pola untuk membuat gambar dekoratif sesuai contoh.. 

C.    TUJUAN
  1. Dengan memperhatikan tanda baca, siswa dapat membaca teks surat tanggapan pribadi dengan intonasi yang tepat.
  2. Melalui pengamatan teks surat tanggapan pribadi, siswa dapat mengidentifikasi surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi pangan dengan benar.
  3. Melalui pengamatan teks surat tanggapan pribadi, siswa dapat mengelompokkan hasil teknologi pangan dan yang bukan dengan tepat.
  4. Melalui pengamatan teks surat tanggapan pribadi, siswa dapat menceritakan isi teks surat tanggapan pribadi tentang perkembangan teknologi pangan secara lisan dengan lengkap.
  5. Dengan mengamati penjelasan guru tentang membaca bilangan pecahan, siswa dapat menyebutkan  lambang pecahan  berdasarkan gambar dengan tepat.
  6. Dengan mengamati bagian daerah yang diwarna atau diarsir  siswa dapat menentukkan pecahan sebagai bagian dari sesuatu yang utuh dengan benar.
  7. Dengan mengamati gambar,  siswa dapat menuliskan lambang pecahan dengan tepat.
  8. Berdasarkan pengamatan gambar, siswa dapat mengidentifikasi karya seni gaya dekoratif dengan aspek simetris.
  9. Melalui pengamatan gambar, siswa dapat membuat pola untuk membuat gambar dekoratif sesuai dengan contoh..                                                                      



D.    MATERI
1.      Bacaan teks surat tanggapan pribadi
2.      Bilangan pecahan
3.      Karya seni gaya dekoratif dengan aspek simetris

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 :, Pengamatan, tanya jawab, diskusi, presentasi dan praktek

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak, bernyanyi lagu yang relevan, game opening dan kata-kata positif yang memotivasi.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa kesiapan siswa.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
Membaca:
1.         Siswa dikenalkan dengan kata teknologi pangan dan proses pengalengan.Guru dapat menjelaskan pengertian teknologi pangan dengan penjelasan sederhana yang mudah dipahami siswa.Teknologi pangan adalah suatu teknologi yang menerapkan ilmu pengetahuan tentang bahan pangan khususnya setelah panen.   Teknologi adalah ilmu pengetahuan terapan (kbbi.web.id).

Catatan:
Guru menjelaskan kata teknologi kepada  siswa
dengan sederhana namun benar. Tujuan teknologi
pangan adalah memperoleh manfaat seoptimal
mungkin dan sekaligus dapat meningkatkan nilai
dari pangan tersebut.                                                                                                                       
Penerapan ilmu pangan adalah untuk memilih,
mengawetkan, memproses, mengemas, mendistri-
busikan, hingga menggunakan bahan pangan yang
aman dan bernutrisi. Contoh produk makanan hasil
teknologi pangan adalah: susu bubuk, yogurt, susu
cair dalam kemasan, keju, sosis, tahu, kecap, dsb.
Proses pengalengan yaitu langkah-langkah penyim-
panan dan pengawetan bahan pangan yang dikemas
dalam sebuah wadah dari kaleng dan kemudian
disterilkan sehingga dapat tahan lama dan tidak
mengalami kerusakan.
2.         Siswa membaca teks secara bergantian dengan
suara lantang. Setiap siswa membaca satu paragraf. Pada kegiatan ini guru melakukan penilaian.Siswa menunjukkan kata-kata pada teks bacaaan yang berkaitan dengan teknologi pangan.Siswa dan guru mendiskusikan kata-kata yang belum dipahami siswa. Berikut ini contoh kata-kata yang mungkin belum dipahami siswa:
produk  =  barang yang dibuat dan ditambah
gunanya dalam proses produksi dan
menjadi hasil akhir dari proses produksi
itu.
pangan  =  makanan.
tauco  =  nama makanan berasal dari kedelai
yang difermentasi.
Tauco sebaiknya dibawa ke kelas agar memudahkan
siswa memahami benda yang di maksud. (jika
ada).

Bercerita:
  1. Siswa diminta menceritakan kembali isi bacaan dengankalimatnya sendiri secara bergantian dengan percayadiri. Guru melakukan penilaian kemampuan  siswa bercerita..

Mengamati:
  1. Siswa mengamati gambar jenis-jenis makanan yang ada pada buku siswa.
  2. Siswa mengelompokkan makanan yang termasuk hasil teknologi pangan dan yang bukan pada buku siswa. Guru menilai kemampuan  siswa dalam mengelompokkan makanan berdasarkan hasil teknologi pangan dan yang bukan hasil teknologi pangan.

Belajar:
  1. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tahu yang merupakan salah satu produk teknologi pangan. Guru dapat mengganti dengan produk teknologi pangan yang ada pada kondisi lokal..
  2. Siswa diajak berimajinasi bahwa mereka adalah penjual tahu. Setiap siswa diberi 1 lembar kertas HVS yang diimajinasikan sebagai tahu. Kertas dilipat dan digunting sesuai dengan pecahan yang disebutkan guru. 
Gambar berikut ini mendeskripsikan pecahan biasa:


Gambar berikut ini bukan pecahan biasa karena tidak
semua bagian sama besar:

Syarat terbentuknya pecahan biasa adalah semua
bagian sama besar.

Berlatih:
Siswa mengerjakan latihan soal tentang pengenalan
pecahan biasa dan menentukkan pecahan biasa
berdasarkan gambar yang diarsir. Guru menilai hasil
pekerjaan siswa.

Berkarya:
1.      Siswa mengamati motif dekoratif pada gambar kue.
2.      Siswa menirukan salah satu motif dekoratif pada gambar kue. Guru berkeliling kelas untuk mengamati siswa yang sedang bekerja. Hasil pekerjaan  siswa ini masuk dalam penilaian guru.
3.      Setelah kegiatan ini selesai, seluruh siswa mengumpulkan hasil kerjanya kepada guru dan merapikan alat-alat tulis mereka dan membersihkan sampah-sampah yang ada di kelas.


150 menit



Penutup
A.    Refleksi
Dalam kegiatan refleksi guru memberikan salah satu pertanyaan berikut ini:
  1. Apa yang kamu pelajari hari ini?
  2. Bagaimana perasaanmu saat kegiatan bercerita/mengerjakan soal-soal pecahan/menirukan motif dekoratif gambar kue?
  3. Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
  4. Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut?
  5. Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi tersebut?
  6. Pertanyaan yang diajukan guru pada kegiatan refleksi dapat dijawab siswa secara lisan atau tulisan. Jika guru menginginkan  siswa menulis jawaban pertanyaan refleksi sebaiknya siswa memiliki sebuah buku tulis khusus untuk refleksi.
  7. Kegiatan kelas diakhiri dengan berdoa bersama sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing dipimpin oleh salah satu siswa petugas piket..          


B.     Salam dan do’a penutup.

15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 2 Kelas 3 dan Buku Siswa Tema 2 Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 3 dari JGC Software
  3. Media Ajar Motivasi Guru Indonesia dari JGC Software
  4. Tempe, tahu, kecap, tauco, susu kental manis, dsb. (dapat diganti bahan lain sesuai dengan kondisi lokal)
  5. Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI online (http://kbbi.web.id)
  6. Gambar-gambar karya seni gaya dekoratif
  7. Kertas HVS
  8. Gunting  .

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.  Penilaian Sikap

Keterangan: 
K = Kurang; C = Cukup; B = Baik; SB = Sangat Baik
2.  Penilaian Pengetahuan
Tes tertulis: Skor
a.  Mengelompokkan hasil teknologi pangan dan yang bukan hasil teknologi
pangan.
Jumlah soal: 1 buah
Skor maksimal: 5
Skor setiap jawaban: 5
b.  Melengkapi titik-titik yang ada pada soal-soal pecahan biasa
Jumlah soal: 3 buah
Skor Maksimal: 30
Skor setiap jawaban: 10
c.  Menentukkan nilai pecahan biasa sesuai dengan gambar.
Jumlah soal: 3 buah
Skor Maksimal: 75
Skor setiap jawaban: 25
3.  Penilaian Keterampilan :
a.  Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membaca Teks Surat

 b.  Rubrik Penilaian Bercerita Isi Teks Surat

c.  Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Kemampuan Menirukan Motif Dekoratif Gambar Kue

4. Catatan Guru
1.      Hal-hal apa saja yang perlu menjadi perhatian Bapak/Ibu selama pembelajaran?
2.      Siswa mana saja yang perlu mendapatkan perhatian khusus?
3.      Hal-hal apa saja menjadi catatan keberhasilan pembelajaran yang telah Bapak/Ibu lakukan?
4.      Hal-hal apa saja yang harus diperbaiki dan ditingkatkan agar pembelajaran yang Bapak/Ibu lakukan menjadi lebih efektif?


Mengetahui
Kepala Sekolah,




NARWANTO, S.Pd
NIP. 1969110891992081001
Makarti Mulya, ............................
Guru Kelas 3 ,




Drs. RASTUN
NIP. 196509111992081001

1 comment:

  1. slmat pagi buk.. mau Tanya file ini nda bisa di download kah buk ??

    ReplyDelete