ILmu Kesehatan

Friday 13 May 2016

RPP KLS 5 K13 TEMA 6 SUBTEMA 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013


Satuan Pendidikan      : SD/MI
Kelas / Semester          :  5 /2
Tema                           :  Organ Tubuh Manusia dan Hewan (Tema 6)
Sub Tema                    :  Tubuh Manusia (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 Hari

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.2










4.2



Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.



·         Membaca teks mengenai anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya.
·         Mengidentifikasi anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang di baca.




·         Menulis ulang mengenai anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya, berdasarkan teks yang dibaca.

Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.6




4.13



Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim, lusin, kodi).

Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas, serta memeriksa kebenaran jawabnya.

·         Memahami kesetaraan antar satuan kuantitas (rim, lusin, kodi).


·         Menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep antar satuan kuantitas.

C.    TUJUAN
  1. Dengan mengamati gambar, siswa mampu menyebutkan nama-nama anggota tubuh manusia dengat teliti.
  2. Dengan menggali informasi dari teks “Nama Anggota Tubuh Manusia”, siswa mampu menyebutkan anggota tubuh manusia dengan rasa ingin tahu.
  3. Dengan mengisi tabel nama-nama anggota tubuh manusia, siswa mampu menuliskan fungsi setiap anggota tubuh manusia dengan cermat.
  4. Dengan menyelesaikan soal cerita yang melibatkan operasi hitung satuan kuantitas, siswa mampu menyelesaikan masalah sederhana dengan mandiri.

D.    MATERI
1.      Nama-nama dan Fungsi anggota tubuh manusia
2.      Teks “Nama Anggota Tubuh Manusia”
3.      Soal cerita yang melibatkan operasi hitung satuan kuantitas

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 :, Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
Langkah-Langkah Kegiatan (Pembukaan):
  1. Kegiatan dimulai dengan mengkomunikasikan kepada siswa tentang kegiatan yang akan dilakukan
  2. Siswa membaca cerita pengantar pembelajaran, kemudian mengamati gambar “Bagian Tubuh Kita”.
  3. Gambar ini merupakan stimulus supaya siswa mengenal setiap bagian tubuhnya
  4. Siswa mencermati setiap bagian yang terdapat pada gambar dan mencatat setiap informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan gambar (kegiatan mengamati)

Hasil yang diharapkan:
  1. Ketertarikan siswa pada topik pembelajaran
  2. Sikap teliti dan cermat dalam melakukan pengamatan
  3. Keterampilan dalam menulis informasi dari hasil Pengamatan

Langkah-Langkah Kegiatan:
  1. Siswa membaca teks “Bagian Tubuh Manusia”. Di akhir bacaan, siswa diajak untuk bersyukur atas karunia Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kesempurnaan tubuh dan berfungsi dengan baik.
  2. Siswa mencermati dan mencari informasi penting yang terdapat dalam bacaan secara cermat dan teliti (kegiatan mengamati)
  3. Siswa menggali informasi tentang anggota tubuh manusia dan fungsinya
  4. Siswa membaca instruksi di buku siswa secara mandiri
  5. Siswa mengisi tabel anggota tubuh manusia dan fungsinya di buku siswa. Kegiatan ini bisa dikerjakan secara individual maupun berpasangan dengan teman sebangku; disesuaikan dengan kondisi kelas. (kegiatan menanya)

Hasil yang Diharapkan:
  1. Pengetahuan siswa tentang anggota tubuh manusia dan fungsinya
  2. Keterampilan siswa dalam mencari informasi
  3. Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggali informasi
  4. Kemandirian siswa dalam membaca instruksi

Langkah-Langkah Kegiatan:
  1. Siswa membaca cerita kontekstual tentang konsep satuan kuantitas
  2. Siswa mengamati gambar konversi antar satuan kuantitas dengan cermat dan teliti
  3. Siswa menggali informasi dan membangun pengetahuan tentang cara mengkonversi satuan kuantitas
  4. Siswa membaca instruksi pengerjaan soal di buku siswa secara mandiri
  5. Siswa menyelesaikan tugas yang melibatkan satuan kuantitas
  6. Siswa menuliskan jawaban pada kolom yang telah disediakan di buku siswa

Hasil yang Diharapkan:
1.      Pengetahuan siswa tentang konversi antar satuan kuantitas
2.      Keterampilan siswa dalam menggali informasi tentang satuan kuantitas dan mennggunakannya dalam memecahkan masalah
3.      Kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas





150 menit



Penutup
A.    Ayo Renungkan
  1. Siswa menjawab pertanyaan perenungan yang ada pada buku siswa. 
  2. Guru dapat menambahkan pertanyaan perenungan yaitu:
1.  Mengingat
    • Apa yang kamu lakukan hari ini?
2.  Memahami
    • Apa yang penting dari yang kamu pelajari/lakukan?
    • Apakah tujuan kegiatan yang kamu lakukan sudah tercapai?
3.   Menerapkan
o   Kapan kamu melakukan kegiatan ini sebelumnya?
o   Di mana kamu bisa melakukan kegiatan tersebut kembali?
4.  Menganalisis
    • Apakah kamu melihat pola dan hubungan dari apa yang kamu lakukan?
5.  Mengevaluasi
    • Seberapa baik kamu melakukan kegiatan tadi?
    • Apakah kegiatan yang telah kamu lakukan berjalan dengan baik?
    • Apa yang kamu perlukan untuk lebih meningkatkannya?
6.  Menciptakan
    • Apa yang harus kamu lakukan selanjutnya?
    • Apa rencana kamu?
    • Apa desain yang kamu buat?

  1. Guru memberikan penguatan dan kesimpulan
  2. Guru memberikan kesempatan siswa untuk bertanya.
           
B.     Pengayaan

“Mengembangkan Koperasi”
Siswa menjadi orang yang bekerja di koperasi. Mereka akan mengecek ketersediaan barang di toko kain dan foto kopi. Apabila barang-barang di toko tersebut persediaannya menipis, mereka harus melakukan pemesanan supaya kebutuhan anggota bisa terus terpenuhi.

Langkah kerja:
  1. Siswa bekerja dalam kelompok yang terdiri dari 2-3 orang
  2. Siswa memperhatikan kartu penjualan setiap unit usaha dan menghitung jumlah barang yang perlu disediakan


  1. Siswa melakukan diskusi dalam kelompok untuk menjawab pertanyaan yang terdapat di kartu penjualan setiap unit usaha
  2. Siswa secara berkelompok dan bergantian mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
Setelah kegiatan, siswa melakukan refleksi mengenai materi yang telah mereka pelajari dan perasaan mereka saat melakukan kegiatan tersebut. Selain itu, siswa juga diberi kesempatan untuk memberikan saran perbaikan atas kegiatan yang telah mereka lakukan.

C.    Kriteria keberhasilan:
  1. Pertanyaan dapat dijawab dengan benar
  2. Jawaban diperoleh dengan prosedur yang tepat
  3. Semua informasi yang disampaikan akurat
  4. Siswa dapat bekerjasama dengan baik
  5. Siswa dapat menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu
                                                   
D.    Tugas bersama orang tua
Siswa berdiskusi dengan orang tua tentang anggota tubuh yang digunakan untuk berjalan, makan, menulis dan membaca. Hasil diskusi bisa dituliskan pada tabel yang tersedia di buku siswa.

E.     Salam dan do’a penutup.

15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  2. Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chatib.
  3. Software Pengajaran SD/MI untuk kelas 5 dari JGC
  4. Video/slide/Gambar Bagian Tubuh Manusia dan Konsep Satuan Kuantitas

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
  1. Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang diamati (Bagian tubuh manusia)
  2. Keterampilan siswa dalam mengamati
  3. Kecermatan dan ketelitian siswa dalam mengamati


Rubrik Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang dinilai:
1.      Pengetahuan siswa tentang konsep satuan kuantitas
2.      Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
3.      Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita untuk memecahkan masalah


Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial        :………….

Mengetahui
Kepala Sekolah,




MULYONO, S.Pd.M.Si
NIP. 19661012 198906 1 001
Makarti Mulya, ............................
Guru Kelas 3 ,




SUDARNO, S.Pd
NIP. 19670817 199208 1 001

No comments:

Post a Comment