RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD/MI
Kelas / Semester : 5 /2
Tema : Organ Tubuh Manusia dan
Hewan (Tema 6)
Sub Tema : Tubuh Manusia (Sub Tema 1)
Pembelajaran ke : 1
Alokasi waktu : 1 Hari
A.
KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan : Bahasa
Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.2
4.2
|
Menguraikan isi teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian
listrik, sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan
fungsinya, serta sistem pernapasan dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
Menyampaikan teks penjelasan tentang proses daur air, rangkaian listrik,
sifat magnet, anggota tubuh (manusia, hewan, tumbuhan) dan fungsinya, serta
sistem pernapasan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
dengan memilih dan memilah kosakata baku.
|
·
Membaca teks mengenai anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya.
·
Mengidentifikasi anggota tubuh manusia dan hewan, beserta fungsinya,
berdasarkan teks yang di baca.
·
Menulis ulang mengenai anggota tubuh manusia dan hewan, beserta
fungsinya, berdasarkan teks yang dibaca.
|
Muatan : Matematika
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.6
4.13
|
Menentukan hubungan antar satuan kuantitas dalam kehidupan sehari-hari (rim,
lusin, kodi).
Merumuskan dengan kalimat sendiri, membuat model matematika, dan memilih
strategi yang efektif dalam memecahkan masalah nyata seharihari yang
berkaitan dengan konsep perbandingan, skala, dan hubungan antar kuantitas,
serta memeriksa kebenaran jawabnya.
|
·
Memahami kesetaraan antar satuan kuantitas (rim, lusin, kodi).
·
Menuliskan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan konsep antar
satuan kuantitas.
|
C.
TUJUAN
- Dengan mengamati
gambar, siswa mampu menyebutkan nama-nama anggota tubuh manusia dengat
teliti.
- Dengan menggali
informasi dari teks “Nama Anggota Tubuh Manusia”, siswa mampu menyebutkan
anggota tubuh manusia dengan rasa ingin tahu.
- Dengan mengisi
tabel nama-nama anggota tubuh manusia, siswa mampu menuliskan fungsi
setiap anggota tubuh manusia dengan cermat.
- Dengan
menyelesaikan soal cerita yang melibatkan operasi hitung satuan kuantitas,
siswa mampu menyelesaikan masalah sederhana dengan mandiri.
D.
MATERI
1. Nama-nama dan Fungsi anggota tubuh manusia
2. Teks “Nama Anggota Tubuh Manusia”
3. Soal cerita yang melibatkan operasi hitung satuan
kuantitas
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi :
Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :, Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek
F.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pembukaan
|
1. Guru memberikan salam dan mengajak
berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2. Melakukan komunikasi tentang kehadiran siswa.
3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak
dan lagu yang relevan.
4. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak
dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5. Menyampaikan tujuan pembelajaran hari
ini.
|
10 menit
|
Inti
|
Langkah-Langkah Kegiatan (Pembukaan):
Hasil yang diharapkan:
Langkah-Langkah
Kegiatan:
Hasil yang Diharapkan:
Langkah-Langkah Kegiatan:
Hasil yang Diharapkan:
1.
Pengetahuan siswa tentang konversi antar satuan kuantitas
2.
Keterampilan siswa dalam menggali informasi tentang satuan kuantitas dan mennggunakannya
dalam memecahkan masalah
3.
Kemandirian siswa dalam menyelesaikan tugas
|
150 menit
|
|
||
|
||
|
||
Penutup
|
A. Ayo Renungkan
1.
Mengingat
2.
Memahami
3. Menerapkan
o Kapan kamu melakukan kegiatan ini sebelumnya?
o
Di mana kamu bisa melakukan
kegiatan tersebut kembali?
4.
Menganalisis
5.
Mengevaluasi
6.
Menciptakan
B.
Pengayaan
“Mengembangkan Koperasi”
Siswa menjadi orang yang bekerja di koperasi. Mereka akan mengecek
ketersediaan barang di toko kain dan foto kopi. Apabila barang-barang di toko
tersebut persediaannya menipis, mereka harus melakukan pemesanan supaya
kebutuhan anggota bisa terus terpenuhi.
Langkah kerja:
Setelah kegiatan, siswa
melakukan refleksi mengenai materi yang telah mereka pelajari dan perasaan
mereka saat melakukan kegiatan tersebut. Selain itu, siswa juga diberi
kesempatan untuk memberikan saran perbaikan atas kegiatan yang telah mereka
lakukan.
C.
Kriteria keberhasilan:
D.
Tugas bersama orang tua
Siswa berdiskusi dengan orang tua tentang anggota tubuh yang digunakan
untuk berjalan, makan, menulis dan membaca. Hasil diskusi bisa dituliskan
pada tabel yang tersedia di buku siswa.
E.
Salam dan do’a penutup.
|
15 menit
|
G.
SUMBER DAN MEDIA
- Buku Pedoman Guru Tema 6 Kelas 5 dan Buku Siswa Tema 6 Kelas 5 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum
2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
- Buku Sekolahnya Manusia, Munif Chatib.
- Software Pengajaran SD/MI untuk kelas
5 dari JGC
- Video/slide/Gambar Bagian Tubuh Manusia dan
Konsep Satuan Kuantitas
H.
PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian
digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan
memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat
dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu
dari pengamatan sikap, tes pengetahuan
dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric
penilaian sebagai berikut.
Rubrik Mengamati Gambar
Kompetensi yang dinilai:
- Pengetahuan siswa tentang materi gambar yang
diamati (Bagian tubuh manusia)
- Keterampilan siswa dalam mengamati
- Kecermatan dan ketelitian siswa dalam
mengamati
Rubrik Menyelesaikan Soal Metematika
Kompetensi yang dinilai:
1.
Pengetahuan siswa tentang konsep satuan kuantitas
2.
Keterampilan siswa dalam mengaplikasikan pengetahuannya untuk memecahkan masalah
3.
Kecermatan dan ketelitian siswa dalam menggunakan informasi dari cerita
untuk memecahkan masalah
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
MULYONO, S.Pd.M.Si
NIP. 19661012 198906 1 001
|
Makarti Mulya,
............................
Guru
Kelas 3 ,
SUDARNO, S.Pd
NIP. 19670817 199208 1 001
|
No comments:
Post a Comment