ILmu Kesehatan

Monday 9 May 2016

RPP K13 KELAS 3 TEMA 1 SUB TEMA 2


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      : SDN 1 Makarti Mulya
Kelas / Semester          :  3 /1
Tema                           :  Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan (Tema 1)
Sub Tema                    :  Perkembangbiakan Tumbuhan (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke          : 
Alokasi waktu             : 

A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
  3. Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan di tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis, dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, serta dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan : Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.2 








4.2 




Menguraikan teks arahan/petunjuk
tentang perawatan hewan dan
tumbuhan, serta daur hidup hewan
dan pengembangbiakan tanaman
dengan bantuan guru atau teman
dalam bahasa Indonesia lisan
dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk
membantu pemahaman.
Menerangkan dan mempraktikkan
teks arahan/petunjuk tentang
perawatan hewan dan tumbuhan
serta daur hidup hewan dan
pengembangbiakan tanaman secara
mandiri dalam bahasa Indonesia
lisan dan tulis yang dapat diisi
dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
·         Mengidentifikasi isi teks tentang perkembangbiakan tumbuhan.
·         Menjelaskan cara perkembangbiakan tumbuhan sesuai teks yang dibaca melalui kegiatan menjawab pertanyaan.
·         Menuliskan tahapan perkembang-biakan tumbuhan..



Muatan : Matematika
No
Kompetensi
Indikator
3.1 


4.2


Memahami sifat-sifat operasi hitung
bilangan asli melalui pengamatan
pola penjumlahan dan perkalian.
Merumuskan dengan kalimat sendiri,
membuat model matematika,
dan memilih strategi yang efektif
dalam memecahkan masalah
nyata sehari-hari yang berkaitan
dengan penjumlahan, pengurangan,
perkalian, pembagian bilangan bulat,
waktu, panjang, berat benda, dan
uang, serta  memeriksa kebenaran
jawabnya.
·         Menyelesaikan soal penjumlahan.
·         Merumuskan soal cerita dalam  menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan penjumlahan.

Muatan : SBdP
No
Kompetensi
Indikator
3.1 

4.1 


Mengenal karya seni gaya dekoratif.

Menggambar dekoratif dengan
mengolah perpaduan garis, warna,
bentuk dan tekstur berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar.
·         Mengidentifikasi alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif.
·         Membuat karya kolase hasil rancangan sendiri.

C.    TUJUAN
  1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi isi teks tentang perkembangbiakan tumbuhan dengan benar.
  2. Dengan membaca, siswa dapat menjelaskan cara perkembangbiakan tumbuhan sesuai teks yang dibaca melalui kegiatan menjawab pertanyaan dengan benar.
  3. Dengan mengamati gambar, siswa dapat menuliskan tahapan perkembangbiakan tumbuhan dengan menggunakan ejaan yang benar.
  4. Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyelesaikan soal penjumlahan dengan benar.
  5. Dengan mengamati contoh, siswa dapat merumuskan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan untuk menyelesaikan masalah sehari-hari dengan benar.
  6. Dengan mengamati contoh gambar dekoratif, siswa dapat mengidentifikasi alat dan media yang dibutuhkan untuk membuat karya seni dekoratif dengan benar.
  7. Dengan mengamati contoh, siswa dapat membuat karya montase hasil rancangan sendiri dengan rapi..                                                                      


D.    MATERI
1.      Bacaan teks Perkembangan tumbuhan
2.      Gambar Dekoratif
3.      Operasi hitung penjumlahan, dan merumuskan soal cerita berkaitan dengan penjumlahan


E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 :, Pengamatan, tanya jawab, diskusi, presentasi dan praktek

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pembukaan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak, bernyanyi lagu yang relevan, game opening dan kata-kata positif yang memotivasi.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa kesiapan siswa.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

10 menit
Inti
Membaca:
1.         Guru mengenalkan subtema 2, yaitu perkembangbiakan tumbuhan.
2.         Jika memungkinkan, ajaklah siswa berkeliling di sekitar lingkungan sekolah untuk menunjukkan dan mengamati bentuk tunas, spora, dan umbi.
3.         Siswa membaca teks yang ada di buku mengenai cara perkembangbiakan tumbuhan.

Diskusi dan Presentasi:
1.         Siswa mewawancara teman mengenai nama tumbuhan yang ada di sekitar rumahnya dan cara berkembangbiaknya.
2.         Siswa menyampaikan hasil wawancara dan membandingkan dengan teks yang sudah dibaca.

Menulis:
1.         Siswa berdiskusi tentang  tahapan perkembang-biakan tum  buhan yang pernah diamatinya. Pada kelas sebe  lumnya, sudah pernah dilakukan proses per  tumbuhan pada tanaman taoge/biji kacang hijau.
2.         Siswa mengidentifikasi cara berkembang biak tumbuhan yang pernah diamatinya.
3.         Siswa menuliskan tahapan perkembangbiakan tumbuhan, mulai dari biji, kecambah, tumbuhan kecil, sampai tumbuhan dewasa.
4.         Jika siswa kesulitan untuk membuat penjelasan dalam bentuk tulisan, siswa diperkenankan untuk menjelaskan dalam bentuk gambar.
Bertanya:
1.         Siswa mengamati gambar berbagai tumbuhan yang berkembang biak dengan biji, diantaranya semangka, taoge, dan jagung.
2.         Siswa berdiskusi tentang warna dan bentuk biji-bijian yang berbeda.
3.         Siswa bertanya jawab tentang berbagai jenis biji yang pernah diamatinya, lalu menyampaikan perbedaan warna dan bentuk yang dimiliki biji-bijian tersebut.
4.         Banyak manfaat dari biji-bijian tersebut, salah satunya membuat hiasan mozaik.
5.         Tahapan membuat mozaik sebagai berikut.
  1. Siapkan berbagai biji-bijian dengan berbagai    warna.
  2. Gambar benda yang ingin dihias pada kertas/karton.
  3. Beri tanda bagian yang ingin diwarnai dengan warna yang berbeda.
  4. Tentukan berapa warna yang dibutuhkan untuk menentukan berapa jenis biji-bijian yang diperlukan.
  5. Beri lem pada gambar dan tempelkan biji-bijian tersebut.
6.         Siswa mencari tahu dengan bertanya kepada teman atau guru tentang sebutan tumbuhan dalam bahasa daerah untuk memperkaya pengetahuan.
7.         Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang berbagai tumbuhan yang berkembang biak dengan biji. Buah-buahan paling banyak berkembang biak dengan biji.

Berlatih:
1.         Siswa mengamati contoh penyelesaian soal penjumlahan menggunakan teknik nilai tempat, lalu mencoba bersama-sama.
2.         Siswa juga mengamati contoh penjumlahan susun ke bawah, dan saling memberi pertanyaan kepada teman sebangku untuk melatih dan mengingatkan kembali penyelesaian soal penjumlahan ribuan.
3.         Siswa berlatih soal penjumlahan yang ada pada buku.
150 menit



Penutup
·            Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan menyimpulkan bersama-sama tentang ciri-ciri perkembangbiakan tumbuhan dari biji, seperti contoh dan tahapannya.

·            Salam dan do’a penutup.

15 menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 1 Kelas 3 dan Buku Siswa Tema 1 Kelas 3 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
  2. Media Ajar Guru Indonesia SD/MI untuk kelas 3 dari JGC Software
  3. Media Ajar Motivasi Guru Indonesia dari JGC Software
  4. Alat bantu mempelajari penjumlahan.
  5. Berbagai macam biji-bijian untuk membuat mozaik. Biji-bijian diupayakan yang memiliki warna yang berbeda-beda.
  6. Berbagai gambar mozaik untuk contoh.
  7. Berbagai gambar tumbuhan dan cara berkembang biak..

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut.

1.  Penilaian Sikap

2.  Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
a.  Mewawancara teman tentang berbagai cara berkembang biak tumbuhan.
     Skor setiap soal 2.
     Benar semua 2 x 5 = 10.
b.  Menuliskan daur hidup tumbuhan.
     Skor setiap soal 2,5.
    Benar semua 2 x 4 = 10.
c.  Menyelesaikan soal penjumlahan.
    Skor setiap soal 2.
    Benar semua 2,5 x 5 = 10.


3.  Penilaian Keterampilan

4. Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial        :………….
Mengetahui
Kepala Sekolah,




Mulyono, S.Pd, M.Si
NIP. 196610121989061001
Makarti Mulya, ............................
Guru Kelas 3 ,




Drs. RASTUN
NIP. 196509111992081001



1 comment:

  1. Huruf F Kegiatan Pembelajaran dikegian inti tertulis 250 menit itu ngga di jelasin untuk berapa pertemuan ya

    ReplyDelete