RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 1 MAKARTI MULYA
Kelas / Semester : 1 /2
Tema : Pengalamanku
(Tema 5)
Sub Tema : Pengalaman Bersama Teman (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu :
B Ind,PPKn, SBDP,
Pembelajaran ke :
1
Alokasi waktu : 1 hari
A. KOMPETENSI INTI
- Menerima dan menjalankan ajaran agama
yang dianutnya.
- Memiliki perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman dan guru.
- Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa
ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam
gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan
perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Bahasa Indonesia
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.1
|
Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra,
wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru
atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
|
|
4.1
|
Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan
pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan
kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian
|
Muatan: PPKn
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.3
|
Mengenal keberagaman karakteristik individu di rumah dan di
sekolah
|
·
Mendiskusikan arti bersatu
dalam keberagaman melalui bermain angklung
·
Mempraktikkan aturan bermain
angklung untuk mencapai harmonisasi permainan angklung sebagai pencerminan
kehidupan yang rukun
|
3.4
|
Mengamati
dan menceritakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah
|
Muatan : SBdP
No
|
Kompetensi
|
Indikator
|
3.5
|
Mengenal
karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat
|
·
Membedakan angklung sebgai karya seni budaya daerah
·
Membedakan
lagu Gundul Pacul sebagai karya seni budaya
daerah
·
Menceritakan
kembali angklung sebagai karya seni budaya daerah
|
4.17
|
Menceritakan
karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat
|
C.
TUJUAN
- Dengan menyimak cerita, siswa dapat menjelaskan tentang alat
musik angklung dengan percaya diri.
- Dengan menyimak cerita, siswa dapat mengidentifikasikan
angklung sebagai karya seni budaya daerah dengan lancar.
- Dengan mendengarkan, siswa dapat mengidentifikasikan lagu
Gundul Pacul sebagai karya seni budaya daerah dengan benar.
- Dengan mengenal angklung, siswa dapat menceritakannya sebagai
karya seni budaya daerah.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan pentingnya arti
bersatu dalam keberagaman dengan bahasa yang santun.
- Dengan bermain alat musik bersama, siswa dapat mempraktikkan
aturan bermain angklung (alat musik yang tersedia) dengan percaya diri.
D. MATERI
- Siswa dapat
menjelaskan tentang alat musik angklung dengan percaya diri.
- Siswa dapat
mengidentifikasikan angklung sebagai karya seni budaya daerah dengan
lancar..
- Siswa dapat
menjelaskan pentingnya arti bersatu dalam keberagaman dengan bahasa yang
santun
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode :
Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
1.
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.
Melakukan
komunikasi tentang kehadiran siswa.
3.
Mengajak
berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.
Guru
menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta
menyapa anak.
5.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran hari ini.
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti
|
1. Siswa mendengarkan penjelasan guru
betapa senangnya bermain atau melakukan sesuatu bersama teman. Pada hari ini
siswa akan bermain musik bersama teman.
2. Siswa membaca nyaring wacana yang
terdapat di dalam buku siswa.
3. Siswa mendengarkan rekaman instrumen
angklung yang diperdengarkan oleh guru.
4. Setelah selesai, siswa bertanya mengenai
alat musik yang dimainkan.
5. Siswa mendengarkan cerita guru tentang
alat musik angklung misalnya seperti daerah asalnya, bahan yang digunakan,
dan cara memainkannya seperti yang terdapat di dalam buku siswa.
6. Siswa diminta untuk berdiskusi tentang
cara memainkan angklung, apakah dapat dimainkan sendiri atau bersama-sama,
tentang nadanya, dan tentang kemungkinan jika angklung rusak atau pecah.
7. Bagi siswa menjadi beberapa kelompok
untuk berdiskusi (sesuai dengan ketersediaan angklung )
8. Siapkan angklung atau alat musik lain
yang tersedia agar siswa dapat mencoba memainkan alat musik untuk menemukan
jawaban masalah.
9. Siswa diminta untuk mempresentasikan
hasil diskusi di depan kelas.
10. Siswa menjawab pertanyaan guru yang
berkaitan dengan presentasinya.
11. Bimbing siswa untuk menarik kesimpulan
dari setiap hasil presentasi.
12. Kemukakan bahwa bermain angklung dapat
menjadi pengalaman menarik yang dapat dilakukan bersama teman.
13. Setelah belajar mengenai angklung,
perdengarkan lagu Gundul Pacul yang berasal dari daerah Jawa Tengah.
14. Sampaikan bahwa lagu Gundul Pacul
sebagai salah satu lagu daerah dari Indonesia. Perkenalkan pula beberapa lagu
daerah lainnya seperti Yamko Rambe, dan Ampar Ampar Pisang.
15. Ajak siswa untuk menyanyikan lagu Gundul
Pacul, lalu mencoba memainkan lagu Gundul Pacul menggunakan angklung.
16. Bagi siswa menjadi kelompok nada do
sampai dengan nada si.
17. Siswa bermain angklung dengan bimbingan
guru.
18. Jika guru telah memberikan contoh cara
memimpin suatu permainan angklung, maka berikan kesempatan pada siswa untuk
mencoba jadi dirigen.
19. Lalu siswa diminta untuk memainkan alat
musik angklung secara bersamaan sesuka hati mereka. Sampaikan pada mereka
suatu petunjuk, misalkan jika guru mengangkat tangan maka mereka harus
berhenti memainkan angklung.
20. Jika suasana telah cukup gaduh, maka
minta siswa berhenti dengan menggunakan petunjuk yang sudah disepakati.
21. Siswa diminta memainkan angklung sesuai
dengan notasi pada lagu Gundul Pacul sesuai dengan arahan guru.
22. Minta siswa untuk menyimpan angklungnya,
kemudian tanyakan pendapat mereka mengenai perbedaan antara suara angklung
saat dimainkan dengan sesuka hati dan saat dimainkan dengan aturan.
23. Tanyakan pula, mengapa kegaduhan atau
suara harmonis dapat terjadi saat bermain angklung?
|
150
menit
|
|
||
Kegiatan
Penutup
|
1. Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya
saling mengenal, dimulai dari mengenal nama.
2.
Tugas rumah bersama Orang Tua: Siswa diminta
untuk membawa botol kaca dari rumah untuk melakukan percobaan mengenai bunyi
pada pertemuan berikutnya.
3.
Salam dan do’a penutup.
|
15
menit
|
G. SUMBER DAN MEDIA
1.
Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 1 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
2013).
2.
Software Pengajaran kelas 1 semester
2 SD/MI dari JGC.
3.
Lagu Bunda Piara.
4.
Gambar burung garuda Pancasila.
5.
10 set kartu bergambar simbol-simbol dari Pancasila (terlampir di dalam
buku guru).
6.
Angklung
atau alat musik daerah yang tersedia
7.
Buku siswa.
H. PENILAIAN
Penilaian
terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur
tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai
bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses
pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan
sikap, tes pengetahuan dan presentasi
unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut
1. Pengamatan Sikap
No
|
Nama
|
Percaya
Diri
|
Disiplin
|
Bekerja
Sama
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan :
Intrumen
penilaian : tes tertulis (di buku siswa)
3.
Penilaian
Keterampilan:
a.
Penilaian:
Untuk kerja menjelaskan Pengalaman Bermain Alat Musik
Rubik
Menjelaskan Pengalaman Bermain Alat Musik
b.
Penialaian : Unjuk kerja
Kemampuan
Memberikan Contoh Manfaat Hidup Rukun
4. Penilaian Umum
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
Kriteria 3
|
Kriteria 4
|
Kesimpulan
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
Catatan Guru
1. Masalah :……….
2. Ide Baru :………..
3. Momen Spesial :………….
Mengetahui
Kepala
Sekolah,
Mulyono,
S.Pd, M.Si
NIP..........................................
|
Makarti Mulya,
12 Januari 2016
Guru
Kelas 1 ,
Sukimah, S.Pd
NIP. ..............................................
|
No comments:
Post a Comment