ILmu Kesehatan

Sunday 15 May 2016

RPP SD KELAS 1 TEMA 5 SUBTEMA 2


   RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 (RPP)


Satuan Pendidikan      : SDN 1 MAKARTI MULYA
Kelas / Semester          :  1 /2
Tema                           :  Pengalamanku (Tema 5)
Sub Tema                    : Pengalaman Bersama Teman (Sub Tema 2)
Muatan Terpadu          :  B Ind,PPKn, SBDP,
Pembelajaran ke          :  1
Alokasi waktu             :  1 hari


A.    KOMPETENSI INTI
  1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

Muatan: Bahasa Indonesia
No
Kompetensi
Indikator
3.1






Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman


  • Menjawab pertanyaan tentang alat musik angklung berdasarkan penjelasan guru

  • Menjelaskan tentang alat musik angklung berdasarkan penjelasan guru

4.1

Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian      


Muatan: PPKn
No
Kompetensi
Indikator
3.3




Mengenal keberagaman karakteristik individu di rumah dan di sekolah
·         Mendiskusikan arti bersatu dalam keberagaman melalui bermain angklung


·         Mempraktikkan aturan bermain angklung untuk mencapai harmonisasi permainan angklung sebagai pencerminan kehidupan yang rukun

3.4
Mengamati dan menceritakan kebersamaan dalam keberagaman di rumah dan sekolah

      Muatan : SBdP
No
Kompetensi
Indikator
3.5




Mengenal karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat


·         Membedakan angklung sebgai karya seni budaya daerah
·         Membedakan lagu Gundul Pacul sebagai karya seni budaya  daerah

·         Menceritakan kembali angklung sebagai karya seni budaya daerah

4.17

Menceritakan karya seni budaya benda dan bahasa daerah setempat

C.    TUJUAN
  1. Dengan menyimak cerita, siswa dapat menjelaskan tentang alat musik angklung dengan percaya diri.
  2. Dengan menyimak cerita, siswa dapat mengidentifikasikan angklung sebagai karya seni budaya daerah dengan lancar.
  3. Dengan mendengarkan, siswa dapat mengidentifikasikan lagu Gundul Pacul sebagai karya seni budaya daerah dengan benar.
  4. Dengan mengenal angklung, siswa dapat menceritakannya sebagai karya seni budaya daerah.
  5. Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan pentingnya arti bersatu dalam keberagaman dengan bahasa yang santun.
  6. Dengan bermain alat musik bersama, siswa dapat mempraktikkan aturan bermain angklung (alat musik yang tersedia) dengan percaya diri.

D.    MATERI
  1. Siswa dapat menjelaskan tentang alat musik angklung dengan percaya diri.
  2. Siswa dapat mengidentifikasikan angklung sebagai karya seni budaya daerah dengan lancar..
  3. Siswa dapat menjelaskan pentingnya arti bersatu dalam keberagaman dengan bahasa yang santun

E.     PENDEKATAN & METODE
       Pendekatan          : Scientific
Strategi                 : Cooperative Learning
Teknik                  : Example Non Example
Metode                 : Permaianan, Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi dan Ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan
Pendahuluan
1.      Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
2.      Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
3.      Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan.
4.      Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
5.      Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.

    10
    menit
Kegiatan
Inti
1.       Siswa mendengarkan penjelasan guru betapa senangnya bermain atau melakukan sesuatu bersama teman. Pada hari ini siswa akan bermain musik bersama teman.
2.       Siswa membaca nyaring wacana yang terdapat di dalam buku siswa.
3.       Siswa mendengarkan rekaman instrumen angklung yang diperdengarkan oleh guru.
4.       Setelah selesai, siswa bertanya mengenai alat musik yang dimainkan.
5.       Siswa mendengarkan cerita guru tentang alat musik angklung misalnya seperti daerah asalnya, bahan yang digunakan, dan cara memainkannya seperti yang terdapat di dalam buku siswa.
6.       Siswa diminta untuk berdiskusi tentang cara memainkan angklung, apakah dapat dimainkan sendiri atau bersama-sama, tentang nadanya, dan tentang kemungkinan jika angklung rusak atau pecah.
7.       Bagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi (sesuai dengan ketersediaan angklung )

8.       Siapkan angklung atau alat musik lain yang tersedia agar siswa dapat mencoba memainkan alat musik untuk menemukan jawaban masalah.
9.       Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
10.   Siswa menjawab pertanyaan guru yang berkaitan dengan presentasinya.
11.   Bimbing siswa untuk menarik kesimpulan dari setiap hasil presentasi.
12.   Kemukakan bahwa bermain angklung dapat menjadi pengalaman menarik yang dapat dilakukan bersama teman.
13.   Setelah belajar mengenai angklung, perdengarkan lagu Gundul Pacul yang berasal dari daerah Jawa Tengah.
14.   Sampaikan bahwa lagu Gundul Pacul sebagai salah satu lagu daerah dari Indonesia. Perkenalkan pula beberapa lagu daerah lainnya seperti Yamko Rambe, dan Ampar Ampar Pisang.
15.   Ajak siswa untuk menyanyikan lagu Gundul Pacul, lalu mencoba memainkan lagu Gundul Pacul menggunakan angklung.
16.   Bagi siswa menjadi kelompok nada do sampai dengan nada si.
17.   Siswa bermain angklung dengan bimbingan guru.
18.   Jika guru telah memberikan contoh cara memimpin suatu permainan angklung, maka berikan kesempatan pada siswa untuk mencoba jadi dirigen.
19.   Lalu siswa diminta untuk memainkan alat musik angklung secara bersamaan sesuka hati mereka. Sampaikan pada mereka suatu petunjuk, misalkan jika guru mengangkat tangan maka mereka harus berhenti memainkan angklung.
20.   Jika suasana telah cukup gaduh, maka minta siswa berhenti dengan menggunakan petunjuk yang sudah disepakati.
21.   Siswa diminta memainkan angklung sesuai dengan notasi pada lagu Gundul Pacul sesuai dengan arahan guru.
22.   Minta siswa untuk menyimpan angklungnya, kemudian tanyakan pendapat mereka mengenai perbedaan antara suara angklung saat dimainkan dengan sesuka hati dan saat dimainkan dengan aturan.
23.   Tanyakan pula, mengapa kegaduhan atau suara harmonis dapat terjadi saat bermain angklung?

    150
    menit

Kegiatan
Penutup
1.      Guru menjelaskan kesimpulan pentingnya saling mengenal, dimulai dari mengenal nama.
2.      Tugas rumah bersama Orang Tua: Siswa diminta untuk membawa botol kaca dari rumah untuk melakukan percobaan mengenai bunyi pada pertemuan berikutnya.
3.      Salam dan do’a penutup.
    15
    menit

G.    SUMBER DAN  MEDIA
1.      Buku Pedoman Guru Tema 5 Kelas 1 dan Buku Siswa Tema 5 Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013).
2.      Software Pengajaran  kelas 1 semester 2  SD/MI dari JGC.
3.      Lagu Bunda Piara.
4.      Gambar burung garuda Pancasila.
5.      10 set kartu bergambar simbol-simbol dari Pancasila (terlampir di dalam buku guru).
6.      Angklung atau alat musik daerah yang tersedia
7.      Buku siswa.

H.    PENILAIAN
Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya/projek dengan rubric penilaian sebagai berikut

1.      Pengamatan Sikap
No
Nama
Percaya Diri
Disiplin
Bekerja Sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
SM
BT
MT
MB
1













2













3













4















2. Penilaian Pengetahuan :
Intrumen penilaian : tes tertulis (di buku siswa)

3.      Penilaian Keterampilan:
a.       Penilaian: Untuk kerja menjelaskan Pengalaman Bermain Alat Musik
Rubik Menjelaskan Pengalaman Bermain Alat Musik
b.       Penialaian : Unjuk kerja
Kemampuan Memberikan Contoh Manfaat Hidup Rukun

4.      Penilaian Umum
No
Nama Siswa
Kriteria 1
Kriteria 2
Kriteria 3
Kriteria 4
Kesimpulan
1






2






3






4






dst






Catatan Guru
1. Masalah                   :……….
2. Ide Baru                  :………..
3. Momen Spesial        :………….

Mengetahui
Kepala Sekolah,




          Mulyono, S.Pd, M.Si                            
            NIP..........................................
Makarti Mulya, 12 Januari 2016
Guru Kelas 1  ,




Sukimah, S.Pd
NIP. ..............................................




No comments:

Post a Comment