BAB III
PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN
A. Subjek, Tempat,
dan Waktu Penelitian
1. Subjek Penelitian
Dalam penelitian ini
yang menjadi subjek adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Makarti Mulya yang
berjumlah 20 orang siswa, yang
terdiri dari 12 orang laki-laki dan
8 orang anak perempuan.
2 Tempat Penelitian
Penelitian ini
dilaksanakan di SD Negeri 1 Makarti Mulya
Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan Komering Ilir. Penulis memilih tempat ini
karena penulis sebagai guru yang mengajar di SD tersebut, sehingga memudahkan
berinteraksi dengan sekolah.
3. Waktu Penelitian
Waktu pelaksanaan
penelitian yang dilaksanakan di kelas IV
SD Negeri 1 Makarti Mulya dari tanggal 12 Oktober 2015 sampai tanggal 15 Nopember 2015, pada semester 1 tahun pelajaran 2015 / 2016. Dengan jadwal
sebagai berikut :
No
|
Siklus
|
Materi Pokok
|
Tanggal
|
1
|
Pertama
|
Pembulatan ke dalam Puluhan, Ratusan, dan Ribuan
Terdekat
|
19 -10-2015
|
2
|
Kedua
|
Pembulatan untuk Taksiran Tinggi, Rendah, dan
Taksiran yang Baik pada Perkalian
|
3 -11-2015
|
B. Desain Prosedur Perbaikan Pembelajaran
Perbaikan Pembelajaran ini dilaksanakan
melalui Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) yang berlangsung dalam dua siklus.
Dalam pelaksanaanya bekerja sama dengan teman sejawat. Setiap siklus terdiri
dari 4 tahap kegiatan yaitu :
a.
Perencanaan
b.
Pelaksanaan
c.
Observasi
d.
Refleksi
Model atau tindakan
yang digunakan adalah sebagai berikut :
Observasi awal
|
|
|
|
|
|
|
|
1. Siklus
Pertama
a.
Perencanaan
Pada tahap ini rencana tindakan yang disusun
antara lain :
1. Membuat rencana perbaikan pembelajaran
2. Menyiapkan media yang sesuai dengan materi pelajaran
3. Mnyiapkan Lembar Kerja Siswa ( LKS ).
4. Menyiapkan pedoman observasi untuk melihat pelaksanaan
pembelajaran
dan keaktifan siswa.
5. Menyiapkan alat evaluasi.
b.
Pelaksanaan
Kegiatan perbaikan pembelajaran pada siklus
pertama akan dilaksanakan pada tanggal 19
Oktober 2015 dari pukul 07.30 – 08.05 dengan materi pembelajaran “Pembulatan Bilangan ke dalam Puluhan, Ratusan,
dan ribuan Terdekat” Kegiatan perbaikan pembelajaran diamati oleh teman sejawa yaitu Bapak Widodo,S.Pd.SD. Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini
dimulai dari pelaksanaan pembelajaran menggunakan pendekatan Kooperatif , yang
dilaksanakan dalam dua siklus. Kegiatan yang dilakukan pada tahap ini antara
lain :
1. Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok yang
masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa.
2. Guru
menyajikan pelajaran / menyampaikan materi pelajaran disertai dengan contoh
3. Guru
memberi tugas ( LKS ) kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota kelompok.
4. Guru akan membimbing siswa
dalam kerja kelompok sambil melakukn observasi.
5. Perwakilan
kelompok diminta untuk melaporkan hasil kerja secara bergiliran, dan kelompok
lain menanggapinya.
6. Guru
menyimpulkan hasik kerja kelompok.
7. Guru memberi
kuis / pertanyaan kepada seluruh siswa.
8. Guru
memberikan evaluasi
9. Penutup.
c. Observasi
Observasi yang
dimaksud pada tahap ini adalah pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran dan
hasil perbaikan pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi dan alat
evaluasi yang dibuat. Pengamatan dilakukan oleh seorang pengamat ( obsever )
yaitu Bapak Widodo,S.Pd.SD yang merupakan
salah satu guru di SD Negeri 1 Makarti Mulya. Hasil pengamatan terhadap
pelaksanaan pembelajaran dan hasil perbaikan pembelajaran ini tersaji dalam
lampiran.
d. Evaluasi dan Refleksi
Pada tahap ini
peneliti bersama pengamat melakukan diskusi mengenai hasil observasi yang
dilakukan oleh teman sejawat tentang hasil belajar siswa. Dari hasil diskusi
tersebut digunakan sebagai acuan pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran
berikutnya.
2. Siklus
Kedua ( II )
a. Perencanaan
Untuk
siklus kedua ini, rencana tindakan dalam rangka meningkatkan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran Matematika dengan pendekatan Kooperatif . Kegiatan
yang direncanakan itu sebagai berikut :
1.Membuat rencana
perbaikan pembelajaran II dengan Materi
Pembelajaran Pembulatan untuk
Taksiran Tinggi, Rendah, dan Taksiran Baik pada Penaksiran.
2. Menyiapkan media
alat peraga diagram panah yang ditulis pada kertas karton.
3. Menyiapkan pedoman observasi.
4. Menyiapkan Lembar Kerja Siswa ( LKS ).
5. Menyiapkan alat evaluasi.
b. Pelaksanaan
Kegiatan
pembelajaran pada siklus kedua dilaksanakan akan dilaksanakan pada tanggal 3 Nopember 2015 dari pukul 07.30 – 08.35 dengan materi
pembelajaran Pembulatan untuk
Taksiran Tinggi, Rendah dan Taksiran yang baik pada Perkalian. Kegiatan yang
dilakukan pada tahap ini antara lain :
1.Guru membagi kelas menjadi 5 kelompok yang
masing-masing kelompok terdiri
dari 4-5 siswa.
2. Menjelaskan tentang materi pembelajaran dengan
meberikan contoh Penaksiran Tinggi,
Rendah, dan Penaksiran Terbaik pada pdengan menggunakan peragaan perkalian
bilangan puluhan.
3. Guru memberi tugas ( LKS ) kepada kelopok untuk
dikerjakan oleh anggota kelompok melalui diskusi kelompok.
4. Guru akan membimbing siswa dalam
kerja kelompok sambil observasi
5. Perwakilan
kelompok melaporkan hasil kerja (presentasi) secara bergiliran.
6. Memberikan kesempatan siswa untuk bertanya atau
menjawab pertanyaan guru.
7. Menanggapi atau menjawab pertanyaan yang diajukan
siswa.
8. Melakukan observasi terhadap hasil belajar siswa.
9. Melakukan evaluasi terhadap hasil belajar.
c. Observasi / Pengamatan
Pada siklus kedua ini, observasi yang dilakukan adalah sama dengan
opservasi pada siklus pertama.
Observasi yang dimaksud adalah
pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran dan hasil perbaikan pembelajaran
dengan menggunakan lembar obsevasi dan alat evaluasi Yang telah dibuat.
Pengamatan atau observasi dilakukan oleh teman sejawat yaitu Bapak Widodo,S.Pd.SD yang merupakan salah satu staf pengajar di
SD Negeri 1 Makarti Mulya.
Hasil pengamatan
terhadap pelaksanaan pembelajaran dan hasil perbaikan pembelajaran ini tersaji
pada lampiran.
d. Evaluasi dan Refleksi
Pada tahap evaluasi dan refleksi di sini
Peneliti bersama Pengamat (teman sejawat) mendiskusikan mengenai temuan hasil
belajar siswa pada perbaikan pembelajaran siklus II.
C. Tehnih
Analisis Data
Dari
data yang sudah di kumpulkan akan disusun kedalam tabel dengan langkah sebagai
berikut :
1)
Menentukan Rentang
2)
Menentukan banyak kelas
Dari
langkah di atas tabel yang terjadi adalah :
Tabel
Distribusi Frekuensi Hasil Perbaikan Pembelajaran Matematika
No
|
Nilai Data
|
Frekuensi Relatif ( % )
|
|
|
|
|
Jumalah
|
100 %
|
Tabel Observasi
terhadap Guru dengan Model Kooperatif
No
|
Tahap
|
Indikator
|
Observer
|
|
Ada
|
Tidak
|
|||
1
|
Awal
|
1.Melkukan aktivitas rotin di awal tatap
muka
2.Menjelaskan tujuan pembelajaran
3.Melakukan aperspsi untuk menyegarkan
ingatan siswa.
4.Memberikan motivasi kepada siswa
5.Melakukan pre-test.
6.Mengembangkan pengetahuan awal
|
|
|
2
|
Inti
|
1.Menjelaskan metode pembelajaran
Kooperatif
2.Membagi siswa menjadi beberapa
kelompok
3.Membagikan tugas belajar kepada
masing-masing kelompok
4.Mengawasi jalannya proses belajar
masing-masing kelompok
5.Memberikan penilaian dan
penghargaan kepada kelompok yang
mempunyai skor tertinggi
|
|
|
3
|
Akhir
|
1.Membagi post test
2.Melakukan
refleksi dan menyimpulkanmateri
3.Melakukan
aktifitas rotin pada akhir tatap muka
|
|
|
Kriteria penilaian dalam %
80 -100 (sangat baik )
60 – 79 ( baik )
40 – 59 ( cukup )
10 -39 ( kurang )
0 – 19 ( sangat kurang )
No comments:
Post a Comment