ILmu Kesehatan

Friday 20 November 2015


LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL
( PKP )

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
TENTANG PENAFSIRAN DAN PEMBULATAN    
MELALUI  PENERAPAN MODEL KOOPERATIF
 SISWA KELS IV SD N I MAKARTI MULYA




OLEH
 RASTUN
NIM 825925778

Diajukan untuk Memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah
Pemantapan Kemampuan Profesional ( PDGK 4501 )

UNIFERSITAS TERBUKA
UPBJJ PALEMBANG
POKJAR MESUJI
2015.2

LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN HASIL PERBAIKAN
PEMBELAJARAN MATEMATIKA



Nama Mahasiswa                                : RASTUN
NIM                                                    : 825925788
Program Studi                                     : S1 PGSD BI
Tempat Mengajar                                : SDN 1 Makarti Mulya
Jumlah Siklus Pembelajaran                : 2 ( dua )
Hari dan Tanggal Pelaksanaan            : Siklus 1, Hari Senin, 19 Oktober 2015
             Siklus 2, Hari Selasa, 3 November 2015

Masalah yang Merupakan Fokus Perbaikan
 Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Penafsiran dan Pembulatan Melalui Penerapan Model Kooperatif Siswa Kelas IV SDN 1 Makarti Mulya


                                                                                 Mesuji, 14 Nopember 2015
                Menyetujui
                Supervisor 1                                                  Mahasiswa


                                                                            
AGUNG JATMIKO S.Pd.M.Si                                 RASTUN
   NIP.19710605 199903 1 006                                NIM.825925788                      





Lampiran

LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT


Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa laporan praktek Pemantapan Kemampuan Profesional ( PKP ) yang saya susun sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah PKP pada Program Studi S1 PGSD Universitas Terbuka ( UT ) seliruhnya merupakan hasil karya sendiri.

Adapun bagian-bagian tertetu dalam laporan PKP yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah dituliskan dengan sebenarnya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan etika penulisan karya ilmiah.

Apabila dikemudian hari ditemukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan hasil karya saya sendiri atau adanya plagiasi dalam bagian-bagian tertentu, saya bersedia menerima sanksi, termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.


                                                                        Makarti Mulya, 14 Nopember 2015
                                                                         Yang membuat pernyataan
                                                                                  Materai 6.000

                                                                         
                                                                                       RASTUN
                                                                                 NIM.825925788



                                    
       KATA PENGANTAR

            Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah Swt. Karena berkat rahmat dan karuniaNya penulis dapat menyelesaikan laporan perbaikan pembelajaran ini.
Penulis dengan rasa penuh tanggung jawab menyusun laporan ini berdasarkan observasi di kelas IV  SD Negeri 1 Makarti Mulya Kecamatan Mesuji Kabupaten Ogan komering Ilir. Penulisan laporan ini diajukan untuk memenuhi salah satu tugas akhir Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional ( PDGK 4501 )’
Tentunya dalam penulisan laporan ini tidak lepas dari kekurangan, baik dari kualitas maupun kuantitas. Karena keterbatasan baik pengetahuan maupun pengalaman yang dimiliki penulis. Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, sehingga penulis membutuhkam kritik dan saran yang bersifat membangun.
            Dalam penyusunan laporan ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada :
   1. Bapak Agung Jatmiko,S.Pd.M.Si selaku tutor Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional ( PDKG 4501 ), yang telah banyak memberikan bimbingan dan  arahan terhadap penulis dalam penyusunan laporan ini.
   2. Ibu Heti Srigiarti,S.Pd. M.Si. selaku pengelola UT Pokjar Mesuji yang telah memberikan dukungan  dan dorongan pada saat penulis menyelesaikan  
       laporan ini.
   3. Bapak Mulyono,S.Pd.M.Si selaku Kepala SDN 1 Makarti Mulya yang telah 
       memberikan izin dan bantuan terhadap penulis dalam penyusunan laporan ini.
   4. Bapak Widodo,S.Pd.SD  selaku guru SDN 1 Makarti Mulya yang sudah bersedia menjadi teman sejawat ( supervisor 2 ) dorongan dan masukan dalam proses  penyusunan laporan ini.
   5. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah
       memberi dorongan dan berbagi pengalaman.

            Semoga segala bantuan yang telah diberikan menjadikan amal yang baik dan mendapat ridho Allah Swt. Dengan harapan semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan.


                                                                              Mesuji, 14 Nopember 2015
                                                                                           Penulis


                                                                                         RASTUN
                                                                                    NIM 825925788    


                                                                     




















DAFTAR ISI


                                                                                                            Halaman  
HALAMAN JUDUL ....................................................................                i
LEMBAR PENGESAHAN ..........................................................                ii
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT .........................                iii
KATA PENGANTAR .................................................................                 iv
DAFTAR ISI ...............................................................................                  v
Daftar Tabel..................................................................................                  vi
ABSTRAK....................................................................................                 vii
I.     PENDAHULUAN ...............................................................                 1           \        A.  Latar Belakang................................................................                 1
        B.   Rumusan Masalah...........................................................                 2
        C.   Tujuan Penelitian ...........................................................                  3
        D.   Manfaat Penelitian .........................................................                 3
II.   KAJIAN PUSTAKA ............................................................                4
        A.   Hakekat Belajar .............................................................                 4
        B.   Pembelajaran Kooperatif ...........................                                      5
        C.   Hakekat Matematika .....................................................                  6
        D.   Materi yang Dijadikan Penelitian .................................                  7
III.  PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN           8
        A.   Subjek, Tempat, dan Waktu Penelitian .......................                    8
        B.   Desain Prosedur Perbaikan Penelitian Pembelajaran....                   9
              1, Siklus Pertama .........................................................                    10
              2. Siklus Kedua ............................................................                    11
        C.   Teknik Analisis Data ...................................................                    13
IV.  HASIL DAN PEMBAHASAN .........................................                   15
        A.   Diskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran ......                   15
               1. Siklus Pertama .........................................................                   15
               2. Siklus Kedua ............................................................                   24
       .B.   Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran.........            33
V.   KESIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT .................          39
        A.   Kesimpulan .........................................................................            39
        B.   Saran Tindak Lanjut ...........................................................             39
DAFTAR PUSTAKA .......................................................................                        40
LAMPIRAN – LAMPIRAN .............................................................                       41                                
            
                         
           
      

                                   
                                                                       
                                          
















DAFTAR TABEL

                                                                                                               Halaman
Tabel Jadwal Pelaksanaan Pembelajan per Siklus ...............................           8
Tabel Observasi Terhadap Guru Model STAD ......................................       13
Tabel Hasil Belajar Perbaikan Pembelajaran .........................................         19
Tabel Frekuensi Hasil Belajar Perbaikan Pembelajaran Siklus I ...........         21
Tabel Obsevasi terhadapGuru Pada Perbaikan Pembelajaran Siklus II..        22
Tabel Hasil Belajar Perbaikan Pembelajaran Siklus II...........................         28
Tabel Frekuensi Hasil Belajar Perbaikan Pembelajaran Siklus II .........          30
Tabel Observasi Terhadap Guru Perbaikan Pembelajaran II ................         31
Tabel Aktivitas Belajar Siswa Pembelajaran Siklus II ..........................         35
Tabel Hasil Belajar Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II ..........................         36
Tabel Frekuensi Hasil Belajar Pra siklus, Siklus I, dan Siklus II...........         37

















ABSTRAK


Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN Makarti Mulya dengan menggunakan Model Kooperatif, agar siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Subyek penelitian adalah kelas IV SDN 1 Makarti Mulya yang berjumlah 20 siswa, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan format tes isian singkat. Pada siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar 12 siswa ( 60 % ) dan pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa ( 90 % ) atau mengalami peningkatan 30 %. Dengan demikian maka penerapan model kooperatif dapat berpengaruh.

Kata Kunci      : Matematika, Kooperatif, Hasil Belajar.
























No comments:

Post a Comment