LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN
PROFESIONAL
( PKP )
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
TENTANG PENAFSIRAN DAN PEMBULATAN
MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF
SISWA
KELS IV SD N I MAKARTI MULYA
OLEH
RASTUN
NIM 825925778
Diajukan
untuk Memenuhi Tugas Akhir Mata Kuliah
Pemantapan
Kemampuan Profesional ( PDGK 4501 )
UNIFERSITAS
TERBUKA
UPBJJ
PALEMBANG
POKJAR
MESUJI
2015.2
LEMBAR PENGESAHAN LAPORAN HASIL PERBAIKAN
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Nama Mahasiswa :
RASTUN
NIM :
825925788
Program Studi :
S1 PGSD BI
Tempat Mengajar :
SDN 1 Makarti Mulya
Jumlah Siklus Pembelajaran : 2 ( dua )
Hari dan Tanggal Pelaksanaan : Siklus 1, Hari Senin, 19 Oktober
2015
Siklus 2, Hari Selasa, 3 November 2015
Masalah yang Merupakan Fokus Perbaikan
Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Tentang Penafsiran dan Pembulatan Melalui Penerapan Model Kooperatif
Siswa Kelas IV SDN 1 Makarti Mulya
Mesuji, 14 Nopember 2015
Menyetujui
Supervisor 1
Mahasiswa
AGUNG JATMIKO S.Pd.M.Si RASTUN
NIP.19710605 199903 1 006 NIM.825925788
Lampiran
LEMBAR
PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT
Saya menyatakan dengan
sesungguhnya bahwa laporan praktek Pemantapan Kemampuan Profesional ( PKP )
yang saya susun sebagai syarat untuk memenuhi mata kuliah PKP pada Program
Studi S1 PGSD Universitas Terbuka ( UT ) seliruhnya merupakan hasil karya
sendiri.
Adapun bagian-bagian
tertetu dalam laporan PKP yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah
dituliskan dengan sebenarnya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah, dan
etika penulisan karya ilmiah.
Apabila dikemudian hari
ditemukan seluruh atau sebagian laporan PKP ini bukan hasil karya saya sendiri
atau adanya plagiasi dalam bagian-bagian tertentu, saya bersedia menerima
sanksi, termasuk pencabutan gelar akademik yang saya sandang sesuai dengan
perundang-undangan yang berlaku.
Makarti Mulya, 14 Nopember 2015
Yang membuat pernyataan
Materai 6.000
RASTUN
NIM.825925788
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke
hadirat Allah Swt. Karena berkat rahmat dan karuniaNya penulis dapat
menyelesaikan laporan perbaikan pembelajaran ini.
Penulis dengan rasa
penuh tanggung jawab menyusun laporan ini berdasarkan observasi di kelas
IV SD Negeri 1 Makarti Mulya Kecamatan
Mesuji Kabupaten Ogan komering Ilir. Penulisan laporan ini diajukan untuk
memenuhi salah satu tugas akhir Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional (
PDGK 4501 )’
Tentunya dalam
penulisan laporan ini tidak lepas dari kekurangan, baik dari kualitas maupun
kuantitas. Karena keterbatasan baik pengetahuan maupun pengalaman yang dimiliki
penulis. Penulis menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna, sehingga
penulis membutuhkam kritik dan saran yang bersifat membangun.
Dalam penyusunan laporan ini penulis
banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis ingin
mengucapkan terima kasih kepada :
1. Bapak Agung Jatmiko,S.Pd.M.Si selaku tutor Mata Kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional
( PDKG 4501 ), yang telah banyak memberikan bimbingan
dan arahan
terhadap penulis dalam penyusunan laporan ini.
2. Ibu Heti Srigiarti,S.Pd. M.Si. selaku pengelola
UT Pokjar Mesuji yang telah memberikan
dukungan dan dorongan pada saat penulis
menyelesaikan
laporan ini.
3.
Bapak Mulyono,S.Pd.M.Si selaku Kepala SDN 1 Makarti Mulya yang
telah
memberikan izin dan bantuan terhadap
penulis dalam penyusunan laporan ini.
4.
Bapak Widodo,S.Pd.SD selaku guru SDN 1 Makarti Mulya yang sudah
bersedia menjadi teman
sejawat ( supervisor 2 ) dorongan dan masukan dalam proses penyusunan laporan ini.
5. Semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu
yang telah
memberi dorongan dan berbagi pengalaman.
Semoga segala bantuan yang telah
diberikan menjadikan amal yang baik dan mendapat ridho Allah Swt. Dengan
harapan semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan.
Mesuji, 14 Nopember 2015
Penulis
RASTUN
NIM 825925788
DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL
.................................................................... i
LEMBAR PENGESAHAN
.......................................................... ii
LEMBAR PERNYATAAN BEBAS PLAGIAT
......................... iii
KATA PENGANTAR
................................................................. iv
DAFTAR ISI
............................................................................... v
Daftar
Tabel.................................................................................. vi
ABSTRAK.................................................................................... vii
I.
PENDAHULUAN
............................................................... 1 \
A. Latar
Belakang................................................................ 1
B.
Rumusan
Masalah........................................................... 2
C.
Tujuan Penelitian
........................................................... 3
D.
Manfaat Penelitian ......................................................... 3
II. KAJIAN PUSTAKA
............................................................ 4
A.
Hakekat Belajar
............................................................. 4
B.
Pembelajaran Kooperatif ........................... 5
C.
Hakekat Matematika ..................................................... 6
D.
Materi yang Dijadikan Penelitian ................................. 7
III. PELAKSANAAN PENELITIAN PERBAIKAN PEMBELAJARAN 8
A.
Subjek, Tempat, dan Waktu Penelitian ....................... 8
B.
Desain Prosedur Perbaikan Penelitian Pembelajaran.... 9
1, Siklus Pertama
......................................................... 10
2. Siklus Kedua ............................................................ 11
C.
Teknik Analisis Data ................................................... 13
IV. HASIL DAN PEMBAHASAN
......................................... 15
A.
Diskripsi Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran ...... 15
1.
Siklus Pertama ......................................................... 15
2. Siklus Kedua
............................................................ 24
.B.
Pembahasan Hasil Penelitian Perbaikan Pembelajaran......... 33
V. KESIMPULAN DAN SARAN TINDAK LANJUT
................. 39
A.
Kesimpulan
......................................................................... 39
B.
Saran Tindak Lanjut
........................................................... 39
DAFTAR
PUSTAKA ....................................................................... 40
LAMPIRAN
– LAMPIRAN ............................................................. 41
DAFTAR TABEL
Halaman
Tabel Jadwal
Pelaksanaan Pembelajan per Siklus ............................... 8
Tabel Observasi
Terhadap Guru Model STAD ...................................... 13
Tabel Hasil Belajar
Perbaikan Pembelajaran ......................................... 19
Tabel Frekuensi
Hasil Belajar Perbaikan Pembelajaran Siklus I ........... 21
Tabel Obsevasi
terhadapGuru Pada Perbaikan Pembelajaran Siklus II.. 22
Tabel Hasil Belajar
Perbaikan Pembelajaran Siklus II........................... 28
Tabel Frekuensi
Hasil Belajar Perbaikan Pembelajaran Siklus II ......... 30
Tabel Observasi
Terhadap Guru Perbaikan Pembelajaran II ................ 31
Tabel Aktivitas
Belajar Siswa Pembelajaran Siklus II .......................... 35
Tabel Hasil Belajar
Pra Siklus, Siklus I, dan Siklus II .......................... 36
Tabel Frekuensi
Hasil Belajar Pra siklus, Siklus I, dan Siklus II........... 37
ABSTRAK
Penelitian ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika
siswa kelas IV SDN Makarti Mulya dengan menggunakan Model Kooperatif, agar
siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Subyek penelitian adalah kelas
IV SDN 1 Makarti Mulya yang berjumlah 20 siswa, yang dilaksanakan dalam dua
siklus. Metode pengumpulan data menggunakan format tes isian singkat. Pada
siklus I jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar 12 siswa ( 60 % ) dan
pada siklus II meningkat menjadi 18 siswa ( 90 % ) atau mengalami peningkatan
30 %. Dengan demikian maka penerapan model kooperatif dapat berpengaruh.
Kata Kunci : Matematika, Kooperatif, Hasil Belajar.
No comments:
Post a Comment